Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana guru membentuk karakter sosial anak pada usia dini dalam lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Wawancara, dokumentasi, dan observasi merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan adalah triangulasi model interaktif, yang menggabungkan reduksi data, penyajian data, dan penyusunan kesimpulan. Penelitian bertempat di TK Pertiwi 1 Sobokerto Ngemplak Boyolali, dengan instruktur sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru untuk mengembangkan kepribadian anak meliputi tanggung jawab, disiplin, kebiasaan, kerja sama siswa, saling menghargai, dan aktivitas spontan. Menggunakan budaya sekolah untuk membentuk kepribadian siswa. Untuk menanamkan karakter pada anak-anak mereka, guru harus memiliki sikap yang kuat dan menyenangkan. Guru, selain sebagai pendidik dan pengajar, dapat berfungsi sebagai panutan bagi siswa.


Keywords


anak usia dini; guru paud; karakter sosial