Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak Usia Dini di Lingkungan Sekolah

Authors

  • Wahyu Retnaningtyas Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Zulkarnaen Zulkarnaen Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3826

Keywords:

anak usia dini, guru paud, karakter sosial

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana guru membentuk karakter sosial anak pada usia dini dalam lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Wawancara, dokumentasi, dan observasi merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan adalah triangulasi model interaktif, yang menggabungkan reduksi data, penyajian data, dan penyusunan kesimpulan. Penelitian bertempat di TK Pertiwi 1 Sobokerto Ngemplak Boyolali, dengan instruktur sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru untuk mengembangkan kepribadian anak meliputi tanggung jawab, disiplin, kebiasaan, kerja sama siswa, saling menghargai, dan aktivitas spontan. Menggunakan budaya sekolah untuk membentuk kepribadian siswa. Untuk menanamkan karakter pada anak-anak mereka, guru harus memiliki sikap yang kuat dan menyenangkan. Guru, selain sebagai pendidik dan pengajar, dapat berfungsi sebagai panutan bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, N. D. P. F. (2022). Strategi Guru Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Masa Pandemi Pada Siswa Kelas IV. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian (SNHRP) Ke 4 Tahun 2022, April, 1134–1139. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/443

Adyatma, R. T., Mulyanto, & Tahyudin, D. (2020). Interaksi Sosial Peserta Didik Di Lingkungan Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Di SMA Negeri 2 Kayuagung. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 301–314. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/1595

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33. https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Ansori, S., Fadli, A., & Sutikno, A. S. (2021). Strategi Kepala Sekolah Mewujudkan Kedisiplinan Peserta Didik di MA Al-Ijtihad Danger. Schemata: Jurnal Pascasarjana UIN Mataram, 10(1), 31–50. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/schemata/article/view/2925

Aras, A. (2021). Revitalisasi Kultur Sekolah dalam Pembangunan Karakter Peserta Didik. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(1), 26–34. https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i1.1996

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem pendidikan nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Haer, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Media Film dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Cempa Kabupaten Pinrang. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 144–153. https://doi.org/10.35905/alishlah.v16i2.747

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Hasanah, U. (2019). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan Di Paud Al-Amien Gunung Eleh Kedungdung Sampang. Islamic EduKids, 1(1), 13–18. https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1811

Irhamna, I., & Purnama, S. (2022). Peran Lingkungan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di PAUD Nurul Ikhlas. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 68–77. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.46688

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367

Kholifah, W. T. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 115–120. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.614

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Sains Dan Teknologi, 9(3), 2022–2687. https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/576

Mukminin, A. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, XIX XIX(02), 227–252. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/view/16

Mutakin, T. Z., Nurhayati, & Rusmana, I. M. (2014). Penerapan teori pembiasaan dalam pembentukan karakter religi siswa di tingkat sekolah dasar. Edutech, 1(3), 361–373. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/3089

Nantara, D. (2022). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan di Sekolah dan Peran Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 2251–2260. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3267

Novitasari, A. (2019). Pemberian Reward and Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak pada Sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 27–33. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2113

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Pradana, Y. (2016). Pengembangan karakter siswa melalui budaya sekolah. Untirta Civic Education Journal, 1(1), 2016. https://doi.org/10.30870/ucej.v1i1.1883

Prasanti, D., & Fitriani, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? (Studi Kualitatif tentang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, dan Komunitas). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2

Prasrihamni, M., Zulela, Z., & Edwita, E. (2022). Optimalisasi penerapan kegiatan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/3525

Rahayu, B. L. A. (2022). Peran Bimbingan Dan Konseling Melalui Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Pada Anak Usia Dini. Al-Insan: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 2(2), 68–77. https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/alinsan/article/view/173

Retnowati, D., Ali, M., & Lestari, S. (2015). Peningkatan sikap saling menghargai pada anak usia 5-6 tahun di paud aisyiyah melawi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(3), 1–6. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9252

Setyaningrum, Y., Rais, R., & Setianingsih, E. S. (2020). Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Disiplin pada Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 520. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29752

Sitompul, E., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2022). Karakter Gotong Royong dalam Paket Pembelajaran Sema. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3473–3487. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1674

Sormin, D., & Rangkuti, F. R. (2018). Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Mi Terpadu Mutiara Kota Padangsidimpuan. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 4(2), 219. https://doi.org/10.24952/tazkir.v4i2.1107

Sukadari, S., Suyata, S., & Kuntoro, S. A. (2015). Penelitian Etnografi Tentang Budaya Sekolah Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 58–68. https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i1.7812

Suriansyah, A., & Aslamiah, A. (2015). Strategi kepemimpinan kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat dalam membentuk karakter siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 234–247. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828

Syafputra, R., & Patrisia, N. E. (2021). Rencana strategis dinas pekerjaan umum kabupaten bengkulu utara tahun 2016-2021. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 7(2). https://jurnal.unived.ac.id/index.php/prof/article/view/1275

Tetep. (2017). Menggali Nilai-nilai Karakter Sosial dalam Meneguhkan Kembali Jati Diri ke-Bhineka-an Bangsa Indonesia. Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, November, 372–379. http://eprints.uad.ac.id/9928

Tetep, D. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Sosial Siswa Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Dan Ips Dalam Konteks Perpspektif Global. Jurnal Petik, 2(2), 35. https://doi.org/10.31980/jpetik.v2i2.72

Wahyuni, U. (2015). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sdn Jigudan Triharjo Pandak Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015. Laporan Penelitian, Yogyakarta: PGSD, FKIP, Universitas PGRi Yogyakarta.

Wardati, Z. (2019). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak pada Habib Alby Homeschooling The Role of Teachers in Forming Children’s Social Character at Habib Alby Homeschooling. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(2), 261–280. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/JIE/article/view/4185

Downloads

Additional Files

Published

20-01-2023

How to Cite

Retnaningtyas, W., & Zulkarnaen, Z. (2023). Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak Usia Dini di Lingkungan Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 374–383. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3826

Issue

Section

Articles