Abstract


Kegiatan finger paiting merupakan strategi dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan finger painting dapat meningkatkan sosial emosional pada anak usia dini di TK Zam-Zam Kota Pariaman. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dengan dokumentasi. Selanjutnya untuk menganalisa data yang dipakai pada penelitian ini yaitu dengan reduksi data, menyajikan data, serta menarik kesimpulan. Pada penelitian ini ditemukan pada penelitian ini mengenai analisis kegiatan finger pinting dalam meningkatkan sosial emosional anak yaitu perkembangan dan pertumbuhan aspek sosial emosional pada anak dengan aktivitas finger painting sangat membantu dan sangat efektif digunakan. Kegiatan iniĀ  sangat bagus dalam menstimulasi perkembangan sosial anak. Dalam pencapaian ini anak mampu meningkatkan capaian hasil pembelajaran dalam aspek perkembangan sosial emosional, anak melakukan dengan baik, focus, senang dan mampu mengekspresikan berbagai hal, bereksplorasi, berimajinasi, serta mampu menceritakan hal yang mereka buat.


Keywords


finger painting; sosial emosional; anak usia dini

Refbacks

  • There are currently no refbacks.