- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Kegiatan Finger Painting terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3756Keywords:
finger painting, sosial emosional, anak usia diniAbstract
Kegiatan finger paiting merupakan strategi dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan finger painting dapat meningkatkan sosial emosional pada anak usia dini di TK Zam-Zam Kota Pariaman. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dengan dokumentasi. Selanjutnya untuk menganalisa data yang dipakai pada penelitian ini yaitu dengan reduksi data, menyajikan data, serta menarik kesimpulan. Pada penelitian ini ditemukan pada penelitian ini mengenai analisis kegiatan finger pinting dalam meningkatkan sosial emosional anak yaitu perkembangan dan pertumbuhan aspek sosial emosional pada anak dengan aktivitas finger painting sangat membantu dan sangat efektif digunakan. Kegiatan ini sangat bagus dalam menstimulasi perkembangan sosial anak. Dalam pencapaian ini anak mampu meningkatkan capaian hasil pembelajaran dalam aspek perkembangan sosial emosional, anak melakukan dengan baik, focus, senang dan mampu mengekspresikan berbagai hal, bereksplorasi, berimajinasi, serta mampu menceritakan hal yang mereka buat.
Downloads
References
Djafar, F. A., Pasongli, H., Robo, T., & Tolangara, A. . (2020). Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Geografi Kelas Viii Smp Al – Irsyad Kota Ternate. Jurnal Reforma, 9(2), 61. https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.303
Fitriah, F., & Hidayat, D. N. (2018). Politeness: Cultural Dimensions of Linguistic Choice. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 5(1), 26–34. https://doi.org/10.15408/ijee.v4i2.2041
Hikmah, D., Syaprudin, D., & Jannah, M. (2021). Hubungan Perhatian Orangtua dengan Kemandirian Anak Usia Dini di RA Jannatu ’Adn Purwakarta Tahun Pelajaran 2019-2020. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi ISlam, 2(01), 19–31. https://doi.org/10.52593/pdg.02.1.03
Mayar, F., Fitri, R. A., Isratati, Y., Netriwinda, N., & Rupnidah, R. (2022). Analisis Pembelajaran Seni melalui Finger painting pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2795–2801. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1978
Mayar, F., Roza, D., & Delfia, E. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru PAUD dalam Mengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 1113–1119. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/328
Mulyani, N. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Nandhini, N. T., Rajeshkumar, S., & Mythili, S. (2019). The possible mechanism of eco-friendly synthesized nanoparticles on hazardous dyes degradation. In Biocatalysis and Agricultural Biotechnology (Vol. 19, Issue December 2018, p. 101138). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.bcab.2019.101138
Normina, N. (2017). Pendidikan dalam Kebudayaan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 17–28. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/ittihad/article/view/1930
Risanti, N. M. N., Wirya, I. N., & Wiarta, I. W. (2013). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Konkrit Melalui Kegiatan Finger Painting untuk Meningkatkan Kemampuan Perkembangan Sosial Emosional. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/1001
Sari, M. M., Sariah, & Heldanita. (2020). Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 136–145. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/10983
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D). Alfabeta.
Sukatin, Qomariyyah, Horin, Y., Afrilianti, A., Alivia, & Bella, R. (2019). Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 156–171. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7311
Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. In Pendidikan anak usia dini (UNP Press).
Wasilah, A. R. (2022). Finger painting sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan seni anak usia dini di KB merak ponorogo. Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 1(1), 67–85. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/view/748
Wiranata, I. G. L. A. (2019). Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Parenting. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 48. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1068