Analisis Kegiatan Finger Painting terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini

Author


Farida Mayar(1), Khairu Nisa Yulianti(2Mail), Suryana Sari(3), Delfi Elza(4), Resvi Livia(5), Nur Azizah Lubis(6), Putri Yolanda Arnis(7),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(3)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(4)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(5)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(6)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(7)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 235KB]

Published : 2023-10-29

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 253 times PDF Downloaded: 168 times

Abstract


Kegiatan finger paiting merupakan strategi dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan finger painting dapat meningkatkan sosial emosional pada anak usia dini di TK Zam-Zam Kota Pariaman. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dengan dokumentasi. Selanjutnya untuk menganalisa data yang dipakai pada penelitian ini yaitu dengan reduksi data, menyajikan data, serta menarik kesimpulan. Pada penelitian ini ditemukan pada penelitian ini mengenai analisis kegiatan finger pinting dalam meningkatkan sosial emosional anak yaitu perkembangan dan pertumbuhan aspek sosial emosional pada anak dengan aktivitas finger painting sangat membantu dan sangat efektif digunakan. Kegiatan ini  sangat bagus dalam menstimulasi perkembangan sosial anak. Dalam pencapaian ini anak mampu meningkatkan capaian hasil pembelajaran dalam aspek perkembangan sosial emosional, anak melakukan dengan baik, focus, senang dan mampu mengekspresikan berbagai hal, bereksplorasi, berimajinasi, serta mampu menceritakan hal yang mereka buat.


Keywords


finger painting; sosial emosional; anak usia dini

References


Djafar, F. A., Pasongli, H., Robo, T., & Tolangara, A. . (2020). Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Geografi Kelas Viii Smp Al – Irsyad Kota Ternate. Jurnal Reforma, 9(2), 61. https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.303

Fitriah, F., & Hidayat, D. N. (2018). Politeness: Cultural Dimensions of Linguistic Choice. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 5(1), 26–34. https://doi.org/10.15408/ijee.v4i2.2041

Hikmah, D., Syaprudin, D., & Jannah, M. (2021). Hubungan Perhatian Orangtua dengan Kemandirian Anak Usia Dini di RA Jannatu ’Adn Purwakarta Tahun Pelajaran 2019-2020. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi ISlam, 2(01), 19–31. https://doi.org/10.52593/pdg.02.1.03

Mayar, F., Fitri, R. A., Isratati, Y., Netriwinda, N., & Rupnidah, R. (2022). Analisis Pembelajaran Seni melalui Finger painting pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2795–2801. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1978

Mayar, F., Roza, D., & Delfia, E. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru PAUD dalam Mengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 1113–1119. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/328

Mulyani, N. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Nandhini, N. T., Rajeshkumar, S., & Mythili, S. (2019). The possible mechanism of eco-friendly synthesized nanoparticles on hazardous dyes degradation. In Biocatalysis and Agricultural Biotechnology (Vol. 19, Issue December 2018, p. 101138). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.bcab.2019.101138

Normina, N. (2017). Pendidikan dalam Kebudayaan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 17–28. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/ittihad/article/view/1930

Risanti, N. M. N., Wirya, I. N., & Wiarta, I. W. (2013). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Konkrit Melalui Kegiatan Finger Painting untuk Meningkatkan Kemampuan Perkembangan Sosial Emosional. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/1001

Sari, M. M., Sariah, & Heldanita. (2020). Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 136–145. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/10983

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D). Alfabeta.

Sukatin, Qomariyyah, Horin, Y., Afrilianti, A., Alivia, & Bella, R. (2019). Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 156–171. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7311

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. In Pendidikan anak usia dini (UNP Press).

Wasilah, A. R. (2022). Finger painting sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan seni anak usia dini di KB merak ponorogo. Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 1(1), 67–85. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/article/view/748

Wiranata, I. G. L. A. (2019). Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Parenting. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 48. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1068


Refbacks

  • There are currently no refbacks.