Abstract


Pembelajaran berbasis media digital di era revolusi industrial 4.0 menjadi hal yang mungkin diterapkan pada semua jenjang pendidikan, termasuk Pendidikan Anak Usia Dini. Penelitian bertujuan membuat aplikasi android tangram geometri “Let’s Be Healthy” untuk meningkatkan kemampuan berpikir geometri bagi anak usia dini dan menganalisis keefektifan media tangram geometri tersebut. Menggunakan metode penelitian eksperimen. Dengan desain Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalen Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi tangram geometri “Let’s Be Healthy” dapat meningkatkan kemampuan berpikir geometri. Hal ini terbukti dari perbedaan rata-rata postes kelompok eksperimen terhadap kelompok kontrol. Dampak penelitian ini adalah bahwa pendidik PAUD seharusnya melakukan pembelajaran yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak serta memberikan bentuk-bentuk pembelajaran yang memungkinkan anak memahami geometri agar pengembangan kognitif anak lebih optimal


Keywords


anak usia dini; aplikasi android; tangram geometri