Media Tangram Geometri “Let’s Be Healthy” Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Geometri Anak Usia Dini

Himmah Taulany(1Mail), Lisa Virdinarti Putra(2), Iwan Setiawan Wibisono(3),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia
(3) Teknik Informatika, Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Himmah Taulany

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.365

Full Text:    Language : ID
Submitted : 2019-12-07
Published : 2020-01-23

Abstract


Pembelajaran berbasis media digital di era revolusi industrial 4.0 menjadi hal yang mungkin diterapkan pada semua jenjang pendidikan, termasuk Pendidikan Anak Usia Dini. Penelitian bertujuan membuat aplikasi android tangram geometri “Let’s Be Healthy” untuk meningkatkan kemampuan berpikir geometri bagi anak usia dini dan menganalisis keefektifan media tangram geometri tersebut. Menggunakan metode penelitian eksperimen. Dengan desain Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalen Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi tangram geometri “Let’s Be Healthy” dapat meningkatkan kemampuan berpikir geometri. Hal ini terbukti dari perbedaan rata-rata postes kelompok eksperimen terhadap kelompok kontrol. Dampak penelitian ini adalah bahwa pendidik PAUD seharusnya melakukan pembelajaran yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak serta memberikan bentuk-bentuk pembelajaran yang memungkinkan anak memahami geometri agar pengembangan kognitif anak lebih optimal


Keywords


anak usia dini; aplikasi android; tangram geometri

References


Copley. Juanita.V. (2001). The Young Child and Mathematics. Washington: The National Association for the Education of Young Chilren (NAEYC).

Fauziddin, M. (2015a). Peningkatan Kemampuan Klasifikasi Melalui Media Benda Konkret pada Anak Kelompok A1 di TK Cahaya Kembar Bangkinang Kampar. Jurnal Obsesi, 2.

Fauziddin, M. (2015b). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar di Taman Kanak - Kanak Pembina Kec. Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi, 1, 49–54.

Fleer, M. (2018). Digital Bridges Between Home and Preschool: Theorising Conceptually Inclusive Practice in Digital Environments. In Journal of Early Childhood Research.

Fridberg, M., Thulin, S., & Redfors, A. (2018). Preschool children’s Collaborative Science Learning Scaffolded by Tablets. Research in Science Education, 48(5), 1007–1026. https://doi.org/10.1007/s11165-016-9596-9

Iqbal zhumni, A., & Ali misri, M. (2013). Pengaruh Tingkat Berpikir Geometri (Teori Van Hiele) Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa Dalam Mengerjakan Soal Pada Materi Garis Dan Sudut. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 2(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v2i2.44

Johnson, G. M. (2010). Young children’s Internet use at home and school: Patterns and profiles. Journal of Early Childhood Research, 8(3), 282–293. https://doi.org/10.1177/1476718X10379783

Kirova, A.Jamison, M. . (2018). Peer scaffolding techniques and approaches in preschool children’s multiliteracy practices with iPads. Journal of Early Childhood Research.

Laily, A., Jalal, F., & Karnadi, K. (2019). Peningkatan Kemampuan Konsep Matematika Awal Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Papan Semat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 396. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.214

Marsh, J. (2010). young children’s play in online virtual worlds. Journal of Early Childhood Research, 8(1), 23–39. https://doi.org/10.1177/1476718X09345406

Mulyasa.H.E. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

O’Hara, M. (2011). Young children’s ICT experiences in the home: Some parental perspectives. Journal of Early Childhood Research, 9(3), 220–231. https://doi.org/10.1177/1476718X10389145

Pemerintah RI. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. , Pub. L. No. 20.

Prasetiantono, A. T. (2018). Revolusi Industri 4.0.

Stephen, C.Stevenson, O. Adey, C. (2013). Young children engaging with technologies at home: The influence of family context. Journal of Early Childhood Research.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan.Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung; Penerbit Alfabeta.

Vojkuvkova, I. (2012). The van Hiele Model of Geometric Thinking. WDS’12 Proceedings of Contributed Papers, 1, 72–75.


Article Metrics

 Abstract Views : 89 times
 PDF Downloaded : 25 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.