Abstract


Sistem informasi perangkat pembelajaran (SIPP), merupakan sebuah system yang ditujukan untuk memudahkan guru dalam melakukan input penilaian hasil pembelajaran. Dengan berbasis pada website, guru dapat melakukan penilaian menggunakan metode observasi berupa ceklis, penugasan, hasil karya, dan catatan anekdot. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan SIPP dalam membuat penilaian hasil pembelajaran di lembaga PAUD. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, dengan analisis statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Kuesioner diberikan dengan menggunakan skala likert. Populasinya adalah guru-guru berjumlah 30 orang dari 13 lembaga PAUD wilayah Jakarta Selatan dan Depok yang mengikuti kegiatan sosialisasi dan menggunakan SIPP dalam membuat penilaian hasil pembelajaran. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan SIPP tergolong ke dalam kategori efektif. Efektifnya SIPP dalam membuat penilaian hasil pembelajaran, diharapkan dapat menjadi alternatif bagi guru dalam menyelesaikan salah satu tugasnya yaitu melakukan penilaian.


Keywords


efektivitas; penilaian pembelajaran; pendidikan anak usia dini; sistem informasi perangkat pembelajaran