Efektivitas Penggunaan Sistem Informasi Perangkat Pembelajaran dalam Membuat Penilaian Pembelajaran di PAUD

Author


Nadhifah Rahmadini Hidayat(1), Rohita Rohita(2Mail),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 970KB]

Published : 2023-01-13

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 475 times PDF Downloaded: 254 times

Abstract


Sistem informasi perangkat pembelajaran (SIPP), merupakan sebuah system yang ditujukan untuk memudahkan guru dalam melakukan input penilaian hasil pembelajaran. Dengan berbasis pada website, guru dapat melakukan penilaian menggunakan metode observasi berupa ceklis, penugasan, hasil karya, dan catatan anekdot. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan SIPP dalam membuat penilaian hasil pembelajaran di lembaga PAUD. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, dengan analisis statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Kuesioner diberikan dengan menggunakan skala likert. Populasinya adalah guru-guru berjumlah 30 orang dari 13 lembaga PAUD wilayah Jakarta Selatan dan Depok yang mengikuti kegiatan sosialisasi dan menggunakan SIPP dalam membuat penilaian hasil pembelajaran. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan SIPP tergolong ke dalam kategori efektif. Efektifnya SIPP dalam membuat penilaian hasil pembelajaran, diharapkan dapat menjadi alternatif bagi guru dalam menyelesaikan salah satu tugasnya yaitu melakukan penilaian.


Keywords


efektivitas; penilaian pembelajaran; pendidikan anak usia dini; sistem informasi perangkat pembelajaran

References


Alhendawi, K. M., & Baharudin, A. S. (2017). The assessment of information system effectiveness in E-learning, E-commerce and E-government contexts: A critical review of the literature. In Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 95(18). 4897–4912). http://www.jatit.org/volumes/Vol95No18/29Vol95No18.pdf

Apriyansyah, Maullidina, I., & Purnomo, E. P. (2018). Efektivitas Sistem Informasi Desa (SID) Dalam Pelayanan Publik Di Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik, 4(1), 10–24. https://journal.unhas.ac.id/index.php/jakpp/article/view/5901

Asare, K. (2015). Exploring the Kindergarten Teachers’ Assessment Practices in Ghana. Developing Country Studies, 5(8), 110–128. https://www.iiste.org/Journals/index.php/DCS/article/view/21796

Astriani, S. A. (2018). Prinsip Dan Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran. Universitas Nurul Jadid, 1–13. https://doi.org/10.31219/osf.io/52qvt

Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. In Pustaka Pelajar. Prenadamedia Group.

Bayo-Moriones, A., & Lera-López, F. (2007). A firm-level analysis of determinants of ICT adoption in Spain. Technovation, 27(6–7), 352–366. https://doi.org/10.1016/j.technovation.2007.01.003

Ceha, R., Prasetyaningsih, E., Bachtiar, I., & Nana S., A. (2016). Peningkatan kemampuan guru dalam pemanfaatan teknologi informasi pada kegiatan pembelajaran. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 4(1), 131. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/ethos/article/view/1693

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. (2018). Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Fadlillah, M. (2010). Desain Pembelajaran Paud Tinjauan Teoritik dan Praktik (R. K. Ratri (ed.); Kedua). Ar-Ruzz Media.

Fatimah Zahro, I. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 1(1), 92–111. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/95

Fitriawati, M., & Lestari, R. H. (2019). Design of the Information System for Kindergarten Learning Evaluation used Kanban Methodology. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 662(2), 1–6. https://doi.org/10.1088/1757-899X/662/2/022025

Halimah, L. (2016). Pengembangan Kurikulum Anak Usia Dini. PT Refika Aditama.

Hartati, S., & Zulminiati, Z. (2020). Fakta-Fakta Penerapan Penilaian Otentik di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1035–1044. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.521

Herdiawanto, H., & Hamdayama, J. (2021). Dasar-dasar penelitian sosial. Kencana.

Humaedi, A. (2015). Menakar Peran Para Pemimpin Lokal Dalam Penguranagn Resiko Bencana. LKiS Yogyakarta.

Jaya, P. R. P. (2019). Pengolahan Hasil Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia DIini, 2(1), 76–83. https://doi.org/10.25078/pw.v2i2.1019

Kinasih, A. D., Amalia, F., & Priyambadha, B. (2017). Pengembangan Sistem Evaluasi Pembelajaran PAUD (Studi Kasus di PAUD Seruni 05 Kota Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 10(10), 1–8. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1037

Mundia Sari, K., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478

Neuman, W. L. (2018). Metode Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (7th ed.). Indeks.

Nugroho, W. A., Yudha, R. P., Sundari, S., & Praja, H. N. (2021). Analisis Instrumen Asesmen Unjuk Kerja pada Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar Kota Cirebon. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 4(2), 126–141. https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i2.1795

Nurhayati, S., & Rakhman, A. (2017). Studi kompetensi guru PAUD dalam melakukan asesmen pembelajaran dan perkembangan anak usia dini di kota Cimahi. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 109–120. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17699

Petrişor, M., Măruşteri, M., Ghiga, D., & Schiopu, A. (2011). Online Assessment System. Applied Medical Informatics, 28(1), 23–28. https://ami.info.umfcluj.ro/index.php/AMI/article/view/60

Sak, R., Erden, F. T., Sak, I. T. S., & Esmeray, H. (2016). Early Childhood Teachers and Computers: Beliefs and Self-Reported Practices. J. Educ. Futur., 10, 19–33. https://dergipark.org.tr/en/pub/jef/issue/24512/259768

Salsabil, Z., & Arfa, M. (2019). Efektifitas Website Femaledaily.com dalam memenuhi kebutuhan informasi pengguna. Jurnal Ilmu Perpustakaan - Universitas Diponegoro, 8(2), 199–210. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/26809

Sudjiman, P. E., & Sudjiman, L. S. (2020). Analisis Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer dalam Proses Pengambilan Keputusan. TeIKa, 8(2), 55–66. https://doi.org/10.36342/teika.v8i2.2327

Sugiantiningsih, I. A., & Antara, P. A. (2019). Penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan media flash card untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 298–308. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728

Suratini, N. P. E., Sinarwati, N. K., & Atmajaya A. T. (2015). Pengaruh efektivitas sistem informasi akuntansi dan penggunaan teknologi informasi akuntansi terhadap kinerja individual pada PT. Bank Pembangunan Daerah Bali. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 3(1), 11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/view/4779

Suriyadi, A. S. (2018). Membaca sebagai gaya hidup: studi deskriptif kuantitatif pada Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. UIN Raden Fatah Palembang.

Tekege, M. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Daring. Jurnal FATEKSA : Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1). https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38

Tondeur, J., van Braak, J., & Valcke, M. (2007). Curricula and the use of ICT in education: Two worlds apart? British Journal of Educational Technology, 38(6), 962–976. https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2006.00680.x

Weni, K. M., Hasmalena, & Syafdaningsih. (2017). Analisis penilaian pembelajaran di tk se- kecamatan belitang oku timur. Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 4(2), 1–9. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/tumbuhkembang/article/view/8181

Willcocks, L., & Margetts, H. (1994). Risk assessment and information systems. European Journal of Information Systems, 3(2), 127–138. https://doi.org/10.1057/ejis.1994.13

Y. Chen, L. (2013). The Quality of Mobile Shopping System and its Impact on Purchase Intention and Performance. International Journal of Managing Information Technology, 5(2), 23–32. https://doi.org/10.5121/ijmit.2013.5203

Ye, X. (2022). Students Assessment in Kindergarten. Proceedings of the 2022 International Conference on Social Sciences and Humanities and Arts (SSHA 2022), 653(Ssha), 126–128. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220401.026

Yudha, R. P. (2020). Asesmen Unjuk Kerja Geometri,. CV Budi Utama; Deepublish.

Yus, A. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak (p. 37). Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.