Abstract
Guru SDN 013 Sukamaju telah menggunakan internet sebagai sumber belajar siswa walaupun dengan masalah jaringan yang tidak stabil dan fasilitas wifi yang ada digunakan secara terbatas. Tujuna penelitian deskriptif kualitatif ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan internet sebagai sumber pembelajaran dengan melibatkan 3 guru sebagai responden di kelas III SDN 013 Suka Maju. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi, dan dianalisis dengan langkah: data collection, data reduction, display data, verifikasi, dan conclution drawing and verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan internet di kelas III SDN 013 Suka Maju memberikan manfaat yang baik bagi siswa dan guru. Guru di kelas III SDN 013 Suka Maju menggunakan halaman web www.academia.com dan www.wikipedia.com sebagai sumber pembelajaran yang telah ditelaah sebelumnya untuk melihat kesesuaiannya bagi siswa. Internet digunakan dengan intensitas yang dibatasi didampingi dengan penggunaan buku yang bertujuan agar siswa menyenangi literasi melalui buku dan internet. Keterbatasan jaringan internet dalam proses pembelajaran menjadi kendala di dalam kelas. Guru kembali menggunakan buku dalam proses pembelajaran dan melakukan diskusi bersama siswa di dalam kelas. Siswa diawasi ketika mengakses internet oleh guru. Penggunaan internet memberikan kemudahan bagi guru dan mempengaruhi hasil belajar dan minat siswa di dalam kelas III SDN 013 Suka Maju.
Keywords
Pemanfaatan; Internet; Sumber Belajar
Refbacks
- There are currently no refbacks.