Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar Siswa di Kelas Rendah Sekolah Dasar

Author


Rahmi Andrianingsih(1Mail), Dea Mustika(2),
Universitas Islam Riau, Indonesia(1)
Universitas Islam Riau, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 222KB]

Published : 2022-10-09

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 787 times PDF Downloaded: 1646 times

Abstract


Guru SDN 013 Sukamaju telah menggunakan internet sebagai sumber belajar siswa walaupun dengan masalah jaringan yang tidak stabil dan fasilitas wifi yang ada digunakan secara terbatas. Tujuna penelitian deskriptif kualitatif ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan internet sebagai sumber pembelajaran dengan melibatkan 3 guru sebagai responden di kelas III SDN 013 Suka Maju. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi, dan dianalisis dengan langkah: data collection, data reduction, display data, verifikasi, dan conclution drawing and verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan internet di kelas III SDN 013 Suka Maju memberikan manfaat yang baik bagi siswa dan guru. Guru di kelas III SDN 013 Suka Maju menggunakan halaman web www.academia.com dan www.wikipedia.com sebagai sumber pembelajaran yang telah ditelaah sebelumnya untuk melihat kesesuaiannya bagi siswa. Internet digunakan dengan intensitas yang dibatasi didampingi dengan penggunaan buku yang bertujuan agar siswa menyenangi literasi melalui buku dan internet. Keterbatasan jaringan internet dalam proses pembelajaran menjadi kendala di dalam kelas. Guru kembali menggunakan buku dalam proses pembelajaran dan melakukan diskusi bersama siswa di dalam kelas. Siswa diawasi ketika mengakses internet oleh guru.  Penggunaan internet memberikan kemudahan bagi guru dan mempengaruhi hasil belajar dan minat siswa di dalam kelas III SDN 013 Suka Maju.

Keywords


Pemanfaatan; Internet; Sumber Belajar

References


Bustari, M. (2005). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Rangka Peningkatan Mutu Sekolah. In Jurnal Manajemen Pendidikan (Vol. 1, Issue 1, pp. 47–54). Cahyadi, A. (1981). Pengembangan Media dan Sumber Belajar. In Penerbit Laksita Indonesia (Vol. 53, Issue 9). Dafit, Dea, & Ningrum. (2020). Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa PGSD FKIP UIR. Jurnal Basicedu, 4(1), 117–130. Dafit, F., Mustika, D., & Ain, S. Q. (2018). Efektivitas Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Ekosistem. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(2), 181. https://doi.org/10.32934/jmie.v2i2.71 Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585 Dalena, R., Maryani, S., Dencik, D., & Primasari, D. A. G. (2019). Kendala Penggunaan IT sebagai Media Belajar di SMP Negeri 4 Gelumbang. Prosiding Seminar Nasional, 505–510. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3081 Direno, J., & Yulia, H. (2020). Artikel Ilmiah Artikel Ilmiah. Jurnal UKSW, 101, 0–16. Hamka, H. (2015). Penggunaan Internet Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Iain Palu. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 12(1), 95. https://doi.org/10.24239/jsi.v12i1.383.95-119 Hartono, R., Syahrudin, H., & Rosyid, R. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Media Internet Terhadap Hasil Belajar Kelas X Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(7). Jailani, M. sahran, & Hamid, A. (2017). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidi-kan Agama Islam (PAI)). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 175–192. https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.2.1284 Kristiyanti, M. (2010). Internet Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Majalah Ilmiah INFORMATiKA, 1(1), 8–29. Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171 Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 1, 1–5. Setiadi, P. M. (2015). Program Peduli Lingkungan Sebagai Upaya Mengembangkan Ecological Litearcy Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar SPS UPI 2015, 29–38. Setiyani, R. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 2(1), 99–103. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603 Sudiran, S. (2015). Sikap Guru dan Tingkat Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA 3 dan SMK 1 Muhammadiyah Kota Batu. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 98. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2452 Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, CV. Suharmanto, A., & Sunarso, S. (2017). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sma Negeri 1 Sleman. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Hukum, 5, 24–41. Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654 Valentino, R. Y., & Mutmainah, S. (2017). Siti Mutmainah 1 . Bagaimana Prosedur Pembuatan media video gambar bentuk untuk siswa kelas VII SMP Giri Surya ? 2 . Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran video bentuk untuk siswa kelas VII SMP Giri Surya berdasarkan ahli materi dan ahli med. Jurnal Seni Rupa, 5(2), 385–391. Wicaksono, M. S. (2021). Pengaruh Akses Internet terhadap Minat Belajar Kelas Tinggi Secara Daring SD Negeri Tileng II. E Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, X(2). Zainuddin, Z. (2011). Pemanfaatan Media Internet Dalam Belajar dan Implikasinya Dalam Pendidikan. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 9(1), 61–69. Zulfitria, Z., Ansharullah, A., & Fadhilah, R. (2020). Penggunaan Teknologi dan Internet sebagai Media. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.