Abstract


Pembelajaran moral sejak dini penting dilakukan sebagai fondasi pembentukan perilaku yang akan menentukan bagaimana anak akan berinteraksi dengan orang lain. Banyak studi yang menyampaikan adanya penurunan perilaku moral positif seperti kebaikan, kepercayaan, tanggungjawab, kebenaran, dan rasa hormat antar sesama manusia. Salah satu metode yang menyenangkan untuk anak usia dini (AUD) dalam pembelajaran moral adalah melalui lagu. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan isi pesan moral lirik lagu dolanan khas Jawa. Jenis penelitian hermeunetika milik Gadamer digunakan untuk mengungkap makna dari setiap lirik lagu dolanan. Analisis data dilakukan dengan cara menggali makna dari setiap lirik lagu. Hasilnya bahwa lagu dolanan memiliki nilai karakter seperti tidak serakah, sabar, berempati terhadap orang lain, tidak mudah putus asa, dan mampu membedakan perilaku baik dan buru. Implikasi hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi guru untuk memberikan pendidikan moral yang menyenangkan pada anak usia dini melalui lagu.


Keywords


moral; anak usia dini; lagu dolanan