
Author
Suyanti Suyanti(1

Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Article Analytic |
Published : 2022-09-02
Copyright (c) 2022 suyanti suyanti, Cepi Safruddin Abd Jabar
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 302 times
PDF Downloaded: 139 times
Abstract
Pembelajaran moral sejak dini penting dilakukan sebagai fondasi pembentukan perilaku yang akan menentukan bagaimana anak akan berinteraksi dengan orang lain. Banyak studi yang menyampaikan adanya penurunan perilaku moral positif seperti kebaikan, kepercayaan, tanggungjawab, kebenaran, dan rasa hormat antar sesama manusia. Salah satu metode yang menyenangkan untuk anak usia dini (AUD) dalam pembelajaran moral adalah melalui lagu. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan isi pesan moral lirik lagu dolanan khas Jawa. Jenis penelitian hermeunetika milik Gadamer digunakan untuk mengungkap makna dari setiap lirik lagu dolanan. Analisis data dilakukan dengan cara menggali makna dari setiap lirik lagu. Hasilnya bahwa lagu dolanan memiliki nilai karakter seperti tidak serakah, sabar, berempati terhadap orang lain, tidak mudah putus asa, dan mampu membedakan perilaku baik dan buru. Implikasi hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi guru untuk memberikan pendidikan moral yang menyenangkan pada anak usia dini melalui lagu.
Keywords
References
Ahmadian, H., & Safwanda, S. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Lagu Daerah di Indonesia Berbasis Android. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 80-89. https://doi.org/10.22373/crc.v1i2.2078
Ardiansyah, W., & Amalia, D. R. (2017). Pembangunan Aplikasi Media Pembelajaran Lagu Daerah Berbasis Teknologi Multimedia. Jurnal ICT : Information Communication & Technology, 16(2), 48-52. https://doi.org/10.36054/jict-ikmi.v16i2.22
Ariesta, F. W. (2019). Nilai Moral Dalam Lirik Dolanan Cublak-Cublak Suweng. Ilmu Budaya Cakrawala, 7(2), 188-192.
Barragan-Jason, G., & Atance, C. M. (2017). A new approach to measuring patience in preschoolers. Developmental Psychobiology, 59(6), 738-748. https://doi.org/10.1002/dev.21535
Bettinger, E., Building, P. B. L., Rd, B., Building, P. B. L., & Rd, B. (2006). Patience among children * Robert Slonim Recent policy initiatives offer cash payments to children ( and often their families ) to induce better health and educational choices . These policies implicitly assume that children are especially impatient ( i . Journal of Public Economics, 0214308.
Bülbül, A. E., & Arslan, C. (2017). Investigation of Patience Tendency Levels in Terms of Self-determination, Self-compassion and Personality Features. Universal Journal of Educational Research, 5(9), 1632-1645. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.050921
Cheng, Y., Chen, C., & Decety, J. (2014). An EEG/ERP investigation of the development of empathy in early and middle childhood. Developmental Cognitive Neuroscience, 10, 160-169. https://doi.org/10.1016/j.dcn.2014.08.012
Diah Ningrum. (2015). Kemerosotan Moral Di Kalangan Remaja: Sebuah penelitian Mengenai Parenting Styles dan Pengajaran Adab Diah Ningrum Sekolah Menengah Islam Terpadu (SMIT) Al Marjan. Unisia, 37(82), 18-30.
https://doi.org/10.20885/unisia.vol.37.iss82.art3
Fast, A. A., & Van Reet, J. (2018). Preschool children transfer real-world moral reasoning into pretense. Cognitive Development, 45(November 2017), 40-47. https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2017.11.003
Fatiha, N., & Nuwa, G. (2020). Kemerosotan Moral Siswa Pada Masa Pandemic Covid 19: Meneropong Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam. Kemerosotan Moral Siswa Pada Masa Pandemic Covid, 19, 1-17. https://doi.org/10.30863/attadib.v1i2.945
Halstead, J. M., & Pike, M. A. (2006). Citizenship and moral education: Values in action. Great Britain. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203088593
Hodijah, S., Rachmawati, Y., & Agustin, M. (2019). Upaya Guru Dalam Menanamkan Sifat Sabar Di Ra Persis I Kota Bandung. Edukid, 15(2), 95-102. https://doi.org/10.17509/edukid.v15i2.20604
Jaliah, J., Yuline, & Lukmanulhakim. (2006). Upaya Meningkatkan Sikap Sabar Menunggu Giliran Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(2), 1-6.
Jamolovna, N. D. (2021). Folk Music as an Important Tool in the Moral and Aesthetic Education of Students. International Journal On Orange Technology, 03(12).
Johansson, E., Brownlee, J., Cobb-Moore, C., Boulton-Lewis, G., Walker, S., & Ailwood, J. (2011). Practices for teaching moral values in the early years: A call for a pedagogy of participation. Education, Citizenship and Social Justice, 6(2), 109-124. https://doi.org/10.1177/1746197910397914
Katrina, G. (2017). Never give up... : Perceptions of perseverance and its impact on the life and academic success of nine university students. In Faculty of Education and Arts, Federation University, Australia.
Kusuma Dewi, A. A. (2021). Media Pembelajaran Lagu-Lagu Daerah dan Budaya Berbasis Android. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 4(1), 80-87. https://doi.org/10.31539/intecoms.v4i1.2019
Liang, G., Fan, W., Hu, Z., Zhang, W., & Zhong, Y. (2022). More intimate, more generous? Behaviour control can reduce children's self-relevance effect in sharing behaviour. Early Child Development and Care, 192(1), 24-35. https://doi.org/10.1080/03004430.2020.1729143
Lithoxoidou, L., Georgopoulos, A., Dimitriou, A., & Xenitidou, S. (2017). " Trees have a soul too !" Developing Empathy and Environmental Values in Early Childhood Loukia S. Lithoxoidou Kindergarten School of Thessaloniki, Greece Alexandros D. Georgopoulos Anastasia Th . Dimitriou Democritus University of Thrace , Alexandrou. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 5(1), 68-88.
Rübeling, H., Storm, S., & Gernhardt, A. (2021). Sharing and asking for help: Social support networks from the perspective of 4-6 year olds in three different eco-social milieus. Journal of Early Childhood Research, 19(4), 429-442. https://doi.org/10.1177/1476718X211011504
Santika, L., Thoha, M., Jaya, B. S., & Haenilah, E. Y. (2016). Aktivitas Belajar Menggunakan Metode Ceramah Dan Metode Proyek Dengan Perkembangan Sosial. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1-9.
Septiana, A. H. Z. dan D. I. (2020). Analisis Lagu Daerah Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Matematika. Jpgsd, 8, 1-14.
Setiowati, S. P. (2020). Pembentukan Karakter Anak Pada Lagu Tokecang, Jawa Barat. Jurnal Ilmu Budaya, 8(1), 172. https://doi.org/10.34050/jib.v8i1.9980
Shrestha, B. K., & Parajuli, T. R. (2019). Teaching Practices of Moral Education in Public and Private Schools of Nepal. World Wide Journal of Multidiscipl Inary Research and Development WWJMRD, 5(1), 1-6.
Silaen, R., Suarseh, S., Yurnel, Y., & Wahyuni, S. (2018). Sikap Hormat Dan Disiplin pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 73-81. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2009
Suryani, R., Pranoto, S., & Astuti, B. (2020). The Effectiveness of Storytelling and Roleplaying Media in Enhancing Early Childhood Empathy. Journal of Primary Education, 9(5), 546-553. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i5.43532
Tuanakotta, M., & Indianti, W. (2018). Efektivitas Mendongeng Untuk Meningkatkan Pemahaman Respek Kepada Lingkungan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 10(2), 83-102. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol10.iss2.art2
Wahyuni, Y. (2021). Problematika Moralitas Anak pada Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Immanuel Kant: Studi Kasus Di Kampung Cikaso Desa Sukamukti Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 1(3), 240-259. https://doi.org/10.15575/jpiu.12792
Wahyuningsih, S. (2009). Permainan Tradisional. PT Sandiarta Sukses.
Wulandari, A., & Fauzi, A. (2021). Urgensi Pendidikan Moral Dan Karakter Dalam Membentuk Kepribadian Peserta Didik. Edupedia, 6(1).
https://doi.org/10.35316/edupedia.v6i1.1393
Refbacks
- There are currently no refbacks.