Abstract


Penggunaan buku teks yang monoton memberikan kesulitan bagi siswa dalam memahami materi pembelajaran. Pemanfaatan multimedia cenderung akan memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran materi bagi siswa, khususnya bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif dalam pembelajaran tematik di kelas II sekolah dasar. Penelitian yang dilaksanakan di SDN 011 Pekanbaru ini menggunakan design R dan D dengan model ADDIE dengan tahapan sampai menghasilkan smart multimedia interaktif. Analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari multimedia interaktif yang dihasilkan telah sesuai dengan penilaian yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa dengan kemampuan yang umumnya sangat baik. Studi ini mengungkapkan hasil bahwa pembuat animasi dapat digunakan dengan hasil dari ahli bahasa delapan puluh dua persen ahli materi delapan puluh enam persen, dan ahli media delapan puluh lima persen. Multimedia interaktif ini dapat digunakan dalam pembelajaran tematik khususnya bagi siswa di kelas II sekolah dasar

Keywords


pengembangan; multimedia interaktif; pembelajaran tematik