Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar

Author


Khairunnisa Khairunnisa(1Mail), Siti Quratul Ain(2),
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 250KB]  Language: id
Published : 2022-08-30
Copyright (c) 2022 Khairunnisa Khairunnisa, Siti Quratul Ain

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 70 times PDF Downloaded: 25 times

Abstract


Penggunaan buku teks yang monoton memberikan kesulitan bagi siswa dalam memahami materi pembelajaran. Pemanfaatan multimedia cenderung akan memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran materi bagi siswa, khususnya bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif dalam pembelajaran tematik di kelas II sekolah dasar. Penelitian yang dilaksanakan di SDN 011 Pekanbaru ini menggunakan design R&D dengan model ADDIE dengan tahapan sampai menghasilkan smart multimedia interaktif. Analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari multimedia interaktif yang dihasilkan telah sesuai dengan penilaian yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa dengan kemampuan yang umumnya sangat baik. Studi ini mengungkapkan hasil bahwa pembuat animasi dapat digunakan dengan hasil dari ahli bahasa 82%, ahli materi 86%, dan ahli media 85%. Multimedia interaktif ini dapat digunakan dalam pembelajaran tematik khususnya bagi siswa di kelas II sekolah dasar

Keywords


pengembangan; multimedia interaktif; pembelajaran tematik

References


Adkhar, Bastiar Ismail. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Kelas 2 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di sd Labschool Unnes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123-133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajran. Rosdakarya.

Andri, R. M. (2017). Peran dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3(1), 122-129..pdf

Apriyani, N. K. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 6 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Ardhyantama, V. (2020). Pengembangan Kreativitas Berdasarkan Creativity Development Based on. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5, 73-86. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i1.1502

Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690

Dafit, F., & Mustika, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berbasis Higher Order Thinking Skills pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4889-4903. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1565

Dwi, S. H. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. UNY Press.

Dwianti, I. N., Rekha, R. ulianti dan, & Rahayu, E. T. (2021). Pengaruh Media Power point dalam pembelajaran jarak jauh terhadap aktivitas Kebugaran jasmani siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 295-307.

Fajarwati, M. I., & Irianto, S. (2021). Pengembangan Media Animaker Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Menggunakan Kalkulator Di Kelas Iv Sd Ump. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 1-11. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i1.608

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk SMA Kelas X. EduSains, 4(2), 94-103. https://doi.org/10.22219/jinop.v2i1.3281

Harahap, S. S. (2018). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Edisi Keempat Belas. Raja Grafindo Persada,Depok.

Indriyani, D., & Fitria, Y. I. (2019). Penilaian dan Jenis Tes yang Dibuat Oleh Guru di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683-1688.

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480

Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58-64.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., & Pebrianti, A. R. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi dan Sains. 3(2), 312-325.

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. JPGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893-903.

Mitrawalinda. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa PAda Mata Pelajaran Fisika Kela XI SMA 1 Sendana. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). The Understanding Improvement of Natural Science Concept of Primary School Teacher Education Department Students Using Project-Based Learning Model. International Journal of Elementary Education, 4(4), 566-574.

Ningtyas, A. M., Dewi, R. S., & Taufik, M. (2021). Developing Animaker-Based Animation Videos on the Theme of "Daerah Tempat Tinggalku" At Grade Iv Sdn Banjarsari 2 Serang. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 739. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i4.8355

Nisa khairun. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Animaker Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas Iv Min 8 Aceh Besar. UIN Ar-Raniry

Novitasari, Dian. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Ponza, P. jerry R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Kelas IV SD. Jurnal Edutech, 6(1), 9-19.

Ramadan, Z. H., Putra, E. D., & Baskara, A. (2020). Environmental Literacy in Elementary School 111 Pekanbaru (A Naturalistic Inquiry Study at Adiwijaya School National Level). Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 306-317. https://doi.org/10.33258/birle.v3i1.809

Sari, Siska Novita, & Istianah, Farida. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Materi Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1622-1633.

Sebayang, Sofia., Rajagukguk, T. (2019). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SD Dan SMP Swasta Budi Murni 3 Medan. Jurnal Ilmu Manajemen Methonomix, 2(2), 105-114.

Supardi, A. (2014). Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Ajar Suplemen Dalam Peningkatan Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 161-167.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Uryanti, U. W., & Kartowagiran, D. B. (2016). Pengem Bangan M Edia Video Animasi Untuk M Eningkatkan M Otivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 232-245 https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055


Refbacks

  • There are currently no refbacks.