Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas pembelajaran di TK Aisyiyah Klodran, seperti guru masih menyampaikan pembelajaran yang monoton, fokus pada membaca dan menulis dan belum mempergunakan salah satu media teknologi dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis video di TK Aisyiyah Klodran. Pendekatan kualitatif dipergunakan pada penelitian ini sebagai studi kasus. Teknik penghimpunan data pada penelitian ini ialah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pada penelitian ini, analisis data yang terjadi yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasanya persepsi guru terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis video sangat positif, dengan demikian ditarik kesimpulan bahwasanya penggunaan media pembelajaran berbasis video mampu meningkatkan perhatian siswa, meningkatkan motivasi siswa, dan meningkatkan efektifitas pembelajaran pada siswa.  


Keywords


anak usia dini; media pembelajaran; presepsi guru