Persepsi Guru terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Anak Usia Dini

Author


Rizky Septiana Ningrum(1Mail), Junita Dwi Wardhani(2),
Pendidikan anak usia dini,Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(1)
Pendidikan anak usia dini,Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 308KB]  Language: id
Published : 2022-09-08
Copyright (c) 2022 Rizky Septiana Ningrum

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 58 times PDF Downloaded: 27 times

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas pembelajaran di TK Aisyiyah Klodran, seperti guru masih menyampaikan pembelajaran yang monoton, fokus pada membaca dan menulis dan belum mempergunakan salah satu media teknologi dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis video di TK Aisyiyah Klodran. Pendekatan kualitatif dipergunakan pada penelitian ini sebagai studi kasus. Teknik penghimpunan data pada penelitian ini ialah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pada penelitian ini, analisis data yang terjadi yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasanya persepsi guru terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis video sangat positif, dengan demikian ditarik kesimpulan bahwasanya penggunaan media pembelajaran berbasis video mampu meningkatkan perhatian siswa, meningkatkan motivasi siswa, dan meningkatkan efektifitas pembelajaran pada siswa.  


Keywords


anak usia dini; media pembelajaran; presepsi guru

References


Anggianita, S., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18

Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). "Kebun Buah" Learning Media for Early Childhood Counting Ability Despa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128.

Arief, B. (2021). Manfaat Membuat Video Pembelajaran. Jurnal Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579.

Brillianing,P.,dan Hapsari, K.P. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia . Jurnal sekolah dasar, 282-289. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238

Febriyanti, N., Hidayat, S., & Suryana, Y. (2022). Persepsi Guru dan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Daring Era Pandemi ( Covid-19 ) di SDN Cibeureum. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 128–136.

Ghofur, A., & Rachma, E. A. (2021). Presepsi Guru Terhadap Pembelajaran Menggunakan Kelas Digital. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 56–65 https://doi.org/10.37859/eduteach.v2i1.2365

Giblin, L. (2005). Skill With People. PT Gramedia Pustaka Utama.

Hardianti, H., & Asri, W. K. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xii Ipa Sma Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 123- 130. https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4408.

Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2022). Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik Halus Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 56–70. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1205.

Hutami, M. S., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 126–130.

Ihmeideh, F., & Alkhawaldeh, M. (2017). Teachers' and Parents' Perceptions of The Role of Technology and Digital Media in Developing Child Culture in The Early Years. Children and Youth Services Review, 77(2016), 139-146. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2017.04.013.

Liu, X., & Pange, J. (2015). Early Childhood Teachers' Perceived Barriers to ICT Integration in Teaching: A Survey Study in Mainland China. Journal of Computers in Education, 2(1), 61-75. https://doi.org/10.1007/s40692-014-0025-7.

Luo, W., Berson, I. R., Berson, M. J., & Li, H. (2021). Are early childhood teachers ready for digital transformation of instruction in Mainland China? A systematic literature review. Children and Youth Services Review, 120, 105718.

Mesra, P., Kuntarto, E., & Chan, F. (2021). Faktor–faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 177–183. https://doi.org/10.5281/zenodo.50378 81.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Cross-case data analysis. In Qualitative data analysis: An expanded sourcebook(3rd ed.). Sage.

Moleong, Lexy J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mourlam, D. J., Strouse, G. A., Newland, L. A., & Lin, H. (2019). Can They Do It? A Comparison of Teacher Candidates' Beliefs and Preschoolers' Actual Skills with Digital Technology and Media. Computers and Education, 129, 82-91. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.10.016.

Mudlofir, A. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif. Rajawali Pers

Nisa', L. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 001. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6283.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Pamungkas, J., Hayati, N., & Maryatun, I. B. (2022). Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Paud Berbasis Budaya. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 831-839. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12389.

Pratiwi, B., & Hapsari, K. P. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282-289. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238.

Prehanto, A., Aprily, N. M., Merliana, A., & Nurhazanah, M. (2021). Indonesian Journal of Primary Education Video Pembelajaran Interaktif-Animatif sebagai Media Pembelajaran IPS SD Kelas Tinggi di Masa Pandemi Covid 19. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 32–38. https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i1.33696

Pribowo, F. S. P. (2020). Presepsi Guru SD Muhammadiyah Terhadap Penggunaan Gawai Dalam Pembelajaran di Kelas. Jurnal Pendidikan, 2(1), 209–219.

Rahmawati, A., Chumdari, & Karsono. (2021). Analisis Penggunaan Media dalam Pembelajaran Tematik Ditinjau dari Teori Belajar Konstruktivisme di Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(1), 1–6. https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/vi ew/48975.

Riadil, I. G., Nuraeni, M., Prakoso, Y. M., & Yosintha, R. (2020). Persepsi Guru Paud Terhadap Sistem Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Di Masa Pandemi Covid19. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 89- 110. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6574.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15-32. https://doi.org/10.21009/JPUD.111.05.

Sari, N. E., & Suryana, D. (2019). Thematic Pop-Up Book as a Learning Media for Early Childhood Language Development. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 43-57. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPUD.131.04.

Satriana, M., Buhari, M. R., Maghfirah, F., & Haryani, W. (2022). Persepsi Guru PAUD terhadap Pembelajaran Online : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 362–373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1353

Sofianah, B. (2020). Peningkatan Minat Belajar di Masa Pandemi melalui Video Based Learning pada Siswa Tunarungu Kelas VI B pada Masa Pandemi. SPEED : Journal of Special Education, 5(1), 1–10.

Sulasmianti, N. (2020). Pemanfaatan Video Keteladanan Dalam Pertumbuhan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1 (2) : 1-12. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1353.

Turmuzi, M., Hayati, L., Hikmah, N., Kurniawan, E., & Hamdani, D. (2021). Persepsi Guru Sekolah Menengah Pertama terhadap Penggunaan Aplikasi WhatsApp dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4847–4857. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1571

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Retrieved from http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/35.

Yuniarni, D. (2022). Persepsi Guru Mengenai Pentingnya TIK dalam Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2411–2419. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1855

Yuliastuti, S. M., Kurniah, N., & Ardina, M. (2020). Penerapan Metode Latihan dengan Menggunakan Media Audio Visual dalam Tari Kreasi untuk Meningkatkan Motorik Kasar pada Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 25-30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.