Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi guru dan orang tua dalam mewujudkan kemandirian siswa KB Kristen Terang Bangsa tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa fenomenologi. Subjek penelitian di KB Kristen Terang Bangsa dengan jumlah lima anak. Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Data yang diolah dari reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan disusun menjadi sebuah deskripsi penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola asuh yang berbeda menjadi kunci untuk meningkatkan kemandirian anak. Adanya komunikasi yang dilakukan oleh orang tua dengan guru membuat kemandirian anak sudah berkembang lebih baik dan anak mengalami perkembangan yang sangat signifikan setelah dilakukan observasi yang pertama hingga ketiga. Komunikasi yang lebih intens antara guru dan orang tua dilakukan agar perkembangan anak bisa lebih dioptimalkan.


Keywords


kemandirian; guru; orang tua; komunikasi; anak