
Author
Angela Juniaris(1

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia(2)

Article Analytic |
Published : 2022-06-30
Copyright (c) 2022 Angela Juniaris
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 670 times
PDF Downloaded: 230 times
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi guru dan orang tua dalam mewujudkan kemandirian siswa KB Kristen Terang Bangsa tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa fenomenologi. Subjek penelitian di KB Kristen Terang Bangsa dengan jumlah lima anak. Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Data yang diolah dari reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan disusun menjadi sebuah deskripsi penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola asuh yang berbeda menjadi kunci untuk meningkatkan kemandirian anak. Adanya komunikasi yang dilakukan oleh orang tua dengan guru membuat kemandirian anak sudah berkembang lebih baik dan anak mengalami perkembangan yang sangat signifikan setelah dilakukan observasi yang pertama hingga ketiga. Komunikasi yang lebih intens antara guru dan orang tua dilakukan agar perkembangan anak bisa lebih dioptimalkan.
Keywords
References
Baiti, N. (2020). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 44. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3590
Chapnick, A. (2017). The golden age. International Journal, 64(1), 205-221. https://doi.org/10.1177/002070200906400118
Danauwiyah, N. M., & Dimyati, D. (2021). Kemandirian Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 588-600. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.994
Astrid Adisty, A., Kurnia, R., & Chairilsyah, D. (2021). Pengembangan Media Scrabble Pola untuk Kemampuan Mengenal Pola ABCD-ABCD Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 11-22. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.7008
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181-190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Wal Ashri Publishing.
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546
Khotimah, T. H., Syukri, M., & Lukmanulhakim. (2016). Kerjasama antara guru dan orang tua dalam mengembangkan perilaku mandiri anak di tk. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(5), 1-13.
Lisda, Y. M., & Syahrul, I. (2021). Dampak Pengasuhan Terhadap Perkembangan Sosial Anak. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1-23. https://doi.org/10.19109/ra.v2i1.2235
Miles dkk. (2014). Qualitative Data Analysis (3rd ed.). SAGE Publications.
Muliati, Sri (2020) Peran guru dan orangtua dalam membangun kemandirian anak di RA Thariqul Izzah Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Norma Gita, T., Dhieni, N., & Wulan, S. (2022). Kemandirian Anak Usia Usia 5-6 Tahun dengan Ibunya yang Bekerja Paruh Waktu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2735-2744. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1032
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Nuryatmawati, 'Azizah Muthi,' & Fauziah, P. (2020). Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2599-042X), 81-92.
Purnamasari, N., & Dimyati, D. (2022). Perbedaan Pengasuhan Anak di Sekolah Fullday dan Sekolah Umum Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2813-2824. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2267
Pusitaningtyas, A. (2016). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Dan Guru Terhadap Kreativitas Siswa. Proceedings of The ICECRS, 1(1), 935-942. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i1.632
Rahimah, R., & Muzdhalifah, M. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Intrapersonal dan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1-13. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.4669
Rakhma, E. (2017). Menumbuhkan Kemandirian Anak (H. P. Dewi (ed.); 1st ed.). Stiletto Book.
Rantina, M. (2015). Peningkatan Kemandirian Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life (Penelitian Tindakan Di TK B Negeri Pembina Kabupaten Lima Puluh Kota,Tahun 2015). Pendidikan Usia Dini, 9(2), 181-200. https://media.neliti.com/media/publications/118232-ID-peningkatan-kemandirian-melalui-kegiatan.pdf
Rizkyani, F., Adriany, V., & Syaodih, E. (2020). Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru Dan Orang Tua. Edukid, 16(2), 121-129. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19805
Salwiah, S., & Asmuddin, A. (2022). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Peran Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2929-2935. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1945
Silranti, M. (2019). Pengembangan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharmawanita Tunas Harapan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(2), 77-83). https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i2.5539
Ulfah, M., Yanti, L., Adriani, P., & Soliyah, S. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pernikahan Dini. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan Aisyiyah, 16(2), 177-185. https://doi.org/10.31101/jkk.1901
Refbacks
- There are currently no refbacks.