Abstract


Media lukis mempunyai jenis yang beragam yang dapat digunakan dalam pembelajaran seni. Penggunaan media yang beragam baik yang berasal dari lingkungan alam anak maupun media pabrik sangat membantu dalam memotivasi anak belajar dan menstimulasi multiple intelegensi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media lukis dapat mengembangkan multiple intellegensi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yakni peneliti sebagai instrumen kunci yang mencari data di lapangan langsung dan menganalisisnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), display data (data display), verifikasi dan penegasan kesimpulan (conclution drawing and verivication). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media lukis yang beragam dalam pembelajaran seni dapat mengembangkan multiple intellegensi anak di TK ABA Wirobrajan


Keywords


media lukis: multiple intellegensi: pembelajaran seni