Penggunaan Media Lukis dalam Pembelajaran Seni untuk Mengembangkan Multiple Intelegensi Anak

Author


Susanti Etnawati(1Mail), Joko Pamungkas(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 286KB]  Language: id
Published : 2022-09-25
Copyright (c) 2022 Susanti Etnawati

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 123 times PDF Downloaded: 76 times

Abstract


Media lukis mempunyai jenis yang beragam yang dapat digunakan dalam pembelajaran seni. Penggunaan media yang beragam baik yang berasal dari lingkungan alam anak maupun media pabrik sangat membantu dalam memotivasi anak belajar dan menstimulasi multiple intelegensi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media lukis dapat mengembangkan multiple intellegensi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yakni peneliti sebagai instrumen kunci yang mencari data di lapangan langsung dan menganalisisnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), display data (data display), verifikasi dan penegasan kesimpulan (conclution drawing and verivication). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media lukis yang beragam dalam pembelajaran seni dapat mengembangkan multiple intellegensi anak di TK ABA Wirobrajan


Keywords


media lukis: multiple intellegensi: pembelajaran seni

References


Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Creswell, J. W. (2015). Research Design : Qualitative, quantitative, and. mixed methods approaches. Sage Publications.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pedoman penerapan pendekatan “beyond centers and circle time (BBCT)” (pendekatan sentra dan lingkungan) dalam pendidikan anak usia dini. In Buku Pedoman (pp. 1–50).

Fadhilah, F. (2015). Media pembelajaran yang cocok bagi anak-anak usia dini taman kanak-kanak. Serambi Tarbawi: Jurnal Studi Pendidikan, Riset Dan Pembangunan Pendidikan Islam, 4(2), 21–40. https://ojs.serambimekkah.ac.id/tarbawi/article/view/1246

Handayani, E. S., Wijaya, I. P., & Lestariningrum, A. (2021). Peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan melukis memanfaatkan bahan bekas. PERNIK Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini UNIVERSITAS PGRI, 4(2), 93–104. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pernik/article/view/5338

Lestariningrum, A. (2017). Perencanaan pembelajaran anak usia dini. In Adjie Media Nusantara (1st ed.). CV. Adjie Media nusantara.

Martono, M. (2017). Pembelajaran seni lukis anak untuk mengembangkan imajinasi, ekspresi, dan apresiasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2017. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/437-446

Mayar, F., Fitri, R. A., Isratati, Y., Netriwinda, N., & Rupnidah, R. (2022). Analisis Pembelajaran Seni melalui Finger painting pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2795–2801. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1978

Michalopoulou, A. (2014). Creativity Expressed through Drawings in Early Childhood Education. International Journal of Education, 6(2), 69. https://doi.org/10.5296/ije.v6i2.5328

Musfiroh, T. (2014). Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). In Modul PAUD Universitas Terbuka (Vol. 60). Modul PAUD Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/4713/2/PAUD4404-TM.pdf

Mustajab, M., Baharun, H., & Iltiqoiyah, L. (2020). Manajemen Pembelajaran melalui Pendekatan BCCT dalam Meningkatkan Multiple intelligences Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1368–1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.781

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Nurfaizah, & Na’imah. (2021). Pengembangan seni anak usia dini berbasis pembelajaran sentra di masa new normal. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 128–140. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.984

Nurwati, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Sentra dalam Mengembangkan Kecerdasan Jamak di Taman Kanak-Kanak Kota Samarinda. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(1), 15–31. https://doi.org/10.21093/sajie.v2i1.1860

Pamadhi, H., & Sukardi, E. (2020). Seni keterampilan anak (26th ed.). PT. Macananjaya Cemerlang.

Primayana, K. H. (2019). Perencanaan pembelajaran pendidikn anak usia dini dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1, 321–328. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya/article/view/428

Qori’ah, T. U. W., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2019). Model pembelajaran sentra pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 7(1), 89–103. https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/35659

Retnowati, T. H. (2015). Strategi Pembelajaran Seni Lukis Anak Usia Dini Di Sanggar Pratista Yogyakarta. Imaji, 7(2). https://doi.org/10.21831/imaji.v7i2.6636

Salam, S., Husain, M. S., Saleh Husain, M., Husain, M. S., & Saleh Husain, M. (2020). The Visions of Kindergarten Teachers on Art Education for Early Childhood. International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT), 0(0), 825–838. https://ojs.unm.ac.id/icsat/article/view/17853

Sefriyanti, S., & Diana, R. R. (2021). Implementasi model pembelajaran sentra dalam mengembangkan multiple intellegensi anak usia dini di ra azzahra lampung timur. Jurnal Raudhah, 9(2). https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i2.1308

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (23rd ed.). Penerbit Alfabeta.

Taspınar, S. E., & Kaya, A. (2015). Painting with the Multiple Intelligences: Defining Student Success and Permanence in Art Class. Journal of Education and Training Studies, 4(7). https://doi.org/10.11114/jets.v4i7.1684

Tilaar, H. (n.d.). Pendidikan, kebudayan dan masyarakat madani indonesia. Rosdakarya.

Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710

Vionnita, W. D., & Suyadi. (2020). Kegiatan Kreativitas Seni Warna Anak Usia Dini Melalui Permainan Cat Air di Masa Pandemi. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Anak Dini, 4(1), 74–87. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4481

Wibowo, A. (2013). Pendidikan karakter usia dini: strategi membangun karakter di usia emas. Pustaka Pelajar.

Yuninigsih, C. R. (2019). Pembelajaran Seni Rupa Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Sebelas April, 3(1), 1–7. https://jurnal.stkip11april.ac.id/index.php/JESA/article/view/59


Refbacks

  • There are currently no refbacks.