Abstract


Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua sangat penting untuk diajarkan sejak dini. Akan tetapi, dalam mengajarkan Bahasa Inggris pada anak usia dini perlu metode dan pengajaran yang tepat dan efektif. Kosakata. Kosakata Bahasa Inggris anak dikembangkan dengan cara anak belajar mengaitkan arti dan bunyi. Kosakata Bahasa Inggris yang dimiliki oleh anak di TK Aisyiyah Kragilan Banjarsari masih sangat kurang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas buku ajar Happy Thinkingdalam meningkatkan kosakata awal anak di TK Aisyiyah Kragilan Banjarsari. Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen berbentuk one group pre-test dan post-test design yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan buku ajar Happy Thinking terhadap peningkatan kosakata awal anak. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwapenggunaan Buku Ajar Happy Thinking efektifuntuk meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak di TK Aisyiyah Kragilan, Banjarsari, Surakarta


Keywords


kosakata; buku ajar; penelitian eksperimen