Abstract
Kreativitas dan komunikasi yang dimiliki oleh guru memiliki peran yang penting dan signifikan terhadap kualitas belajar di sekolah. Lembaga PAUD di Indonesia masih belum seluruhnya memenuhi standar nasional dalam proses pengelolaan dan penyelenggaraannya yang salah satunya disebabkan oleh kualitas guru PAUD belum sesuai kualifikasi standar nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari empowering leadership terhadap employee creativity pada guru PAUD di Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif non-eksperimental. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster sampling dengan responden berjumlah 304 responden yang berasal dari 6 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari empowering leadership terhadap employee creativity pada guru PAUD di Himpaudi Kabupaten Tasikmalaya. Melalui hasil penelitian ini diperoleh bahwa pemberdayaan kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala Lembaga PAUD dapat meningkatkan kreativitas guru PAUD.
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.