Abstract


Pengenalan budaya sejak dini merupakan hal yang perlu diajarkan dalam melestarikan sosial budaya. Pengenalan budaya dapat dilaksanakan melalui pembelajaran coding yang merupakan inovasi pembelajaran dalam mengajarkan computational thinking anak yang memuat keterampilan dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi dan algoritma. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan dalam pembelajaran tersebut agar proses pembelajaran lebih menarik dengan mengembangkan sebuah e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas e-modul pembelajaran coding berbasis pengenalan budaya Indonesia. Jenis penelitian yaitu reseach and development dengan model desain yaitu ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan analisis angket validasi modul yaitu modul pembelajaran yang dikembangkan mencapai tingkat 87% dengan kategori sangat valid. Modul pembelajaran yang dikembangkan pada hasil uji praktikalitas sebesar 89,7% dengan kategori sangat praktis. Modul pembelajaran yang dikembangkan pada uji efektivitas melalui kegiatan pretes dan postest mengalami peningkatan sebesar 88% dengan kategori sangat efektif.


Keywords


e-modul pembelajaran coding; pengenalan budaya Indonesia; computational thinking