E-Modul Pembelajaran Coding Berbasis Pengenalan Budaya Indonesia untuk Meningkatkan Computational Thinking

Author


Muthmainnah Harahap(1Mail), Delfi Eliza(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 515KB]

Published : 2022-02-14

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 729 times PDF Downloaded: 460 times

Abstract


Pengenalan budaya sejak dini merupakan hal yang perlu diajarkan dalam melestarikan sosial budaya. Pengenalan budaya dapat dilaksanakan melalui pembelajaran coding yang merupakan inovasi pembelajaran dalam mengajarkan computational thinking anak yang memuat keterampilan dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi dan algoritma. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan dalam pembelajaran tersebut agar proses pembelajaran lebih menarik dengan mengembangkan sebuah e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas e-modul pembelajaran coding berbasis pengenalan budaya Indonesia. Jenis penelitian yaitu reseach and development dengan model desain yaitu ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan analisis angket validasi modul yaitu modul pembelajaran yang dikembangkan mencapai tingkat 87% dengan kategori sangat valid. Modul pembelajaran yang dikembangkan pada hasil uji praktikalitas sebesar 89,7% dengan kategori sangat praktis. Modul pembelajaran yang dikembangkan pada uji efektivitas melalui kegiatan pretes dan postest mengalami peningkatan sebesar 88% dengan kategori sangat efektif.


Keywords


e-modul pembelajaran coding; pengenalan budaya Indonesia; computational thinking

References


Aranda, G., & Ferguson, J. P. (2018). Unplugged Programming: The future of teaching computational thinking? Pedagogika, 68(3), 279-292. https://doi.org/10.14712/23362189.2018.859

Asmani, J. M. (2012). Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Diva Press.

Azwar, S. (2012). Reliabiltas dan Validitas (Edisi 4). Pustaka Pelajar.

Barron, B., Cayton-Hodges, G., Copple, C., Darling-Hammond, L., & Levine, M. (2011). Take a giant step: A blueprint for teaching young children in a digital age. The Joan Ganz Cooney Center at Sesame Workshop and Stanford University, 16(11), 1-54.

BBC. (2018). Introduction to computational thinking. BBC.

Bell, J., & Bell, T. (2018). Integrating computational thinking with a music education context. Informatics in Education, 17(2), 151-166. https://doi.org/10.15388/infedu.2018.09

Bers, M. U. (2018). Coding, playgrounds and literacy in early childhood education: The development of KIBO robotics and ScratchJr. IEEE Global Engineering Education Conference, EDUCON, 2018-April, 2094-2102. https://doi.org/10.1109/EDUCON.2018.8363498

Bers, M. U. (2020). Coding as a playground: Programming and computational thinking in the early childhood classroom. In Coding as a Playground: Programming and Computational Thinking in the Early Childhood Classroom (pp. 1-229). https://doi.org/10.4324/9781003022602-101

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Department of Educational Psychology and Instructional Technology University Of Georgia.
https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Campbell & Walsh, C. (2017). Introducing the "new" digital literacy of coding in the early years. Practical Literacy: The Early & Primary Years, 22(3), 10-12.

Çiftci, S., & Bildiren, A. (2020). The effect of coding courses on the cognitive abilities and problem-solving skills of preschool children. Computer Science Education, 30(1), 3-21. https://doi.org/10.1080/08993408.2019.1696169

Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Gava Media.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1986). Pakaian Adat Tradisional Daerah Sumatera Barat.

Direktorat Pembinaan PAUD. (2018). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD (Issue 021).

Direktorat Pembinaan PAUD. (2020a). Coding, Konsep Pembelajaran Ptk, Serta Peran Tua, Orang Komunitas, Mitra D A N Penerapan, Dalam Coding, Pembelajaran Paud, D I Satuan.

Direktorat Pembinaan PAUD. (2020b). Pengintegrasian Pembelajaran Coding dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Pengembangan RPP di Satuan PAUD.

Eliza, D. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Learning (CTL) Berbasis Centra di Taman Kanak-kanak. Pedagogi UNP, XIII(No. 2).

Eliza, D. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Cerita Tradisional Minangkabau Untuk Anak Usia Dini. Pedagogik, 3, 153-163.

Farida Mayar. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru Paud Dalam Mengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3, 1113-1119.

Hunsaker, E. (2017). Computational Thinking (pp. 1-28).

Husni, R. (2017). Pakaian Pengantin Perempuan dalam Tradisi Manjalang di Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Tesis UNP.

Kong, Siu-Cheung & Abelson, H. (2019). Computational Thinking Education. In Computational Thinking Education. Springer Open. https://doi.org/10.1007/978-981-13-6528-7

Maharani, S., Nusantara, T., As'ari, A. R., & Qohar, A. (2020). Computational Thinking : Media Pembelajaran CSK (CT-Sheet for Kids) dalam Matematika PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 975-984. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.769

Mensan, T., Osman, K., & Majid, N. A. A. (2020). Development and Validation of Unplugged Activity of Computational Thinking in Science Module to Integrate Computational Thinking in Primary Science Education. Science Education International, 31(2), 142-149. https://doi.org/10.33828/sei.v31.i2.2

Metin, S. (2020). Activity-based unplugged coding during the preschool period. International Journal of Technology and Design Education, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10798-020-09616-8

NAEYC. (2004). http://www.naeyc.org NAEYC Early Childhood Program Standar.

National Association for the Education of Young Children (NAEYC), & Fred Rogers Center. (2012). Technology and interactive nedia as tools in early childhood programs serving children from birth through age 8.

Nieveen, N. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. Springer Science & Business Media.

Parsadaan Marga Harahap Dohot Anakboruna. (1993). Horja Adat Istiadat Dalihan Natolu. PT Grafitri.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Ranjabar, J. (2006). Sistem Sosial Budaya Indonesia Suatu Pengantar. Ghalia Indonesia.

Ryanto & Sugianti. (2020). Penelitian pengembangan model addie dan r2d2: teori dan praktik. Lembaga Academic & Research Institute.

Sugiyono. (2018). Metode Penelutian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wing, J. M. (2008). Computational thinking and thinking about computing. Philosophical Transactions of the Royal Society A: Mathematical, Physical and Engineering Sciences, 366(1881), 3717-3725. https://doi.org/10.1098/rsta.2008.0118

Winkel, W. (2009). Psikologi Pengajaran. Media Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.