Abstract


Penelitian ini menggali  metoda Bait Qur’any untuk pembelajaran tarjamah Al-Qur’an  di lembaga pendidikan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan deskripitif kualitatif dengan lokasi penelitian di RA Bait Qur’any at-Tafkir Tangerang Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini ialah koleksi data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian, lembaga ini mempelajari tarjamah Al-Qur’an dengan metoda Bait Qur’any sebagai upaya menanamkan nilai-nilai Al-Qur’an pada kepribadian anak sejak dini. Metode Bait Qur’any menyuguhkan cara yang unik dalam mempelajari tarjamah Al-Qur’an. Metode ini akan membawa anak usia dini belajar tarjamah perkata menggunakan gerak tari. Pembelajaran dengan metoda Bait Qur’any sesuai dan sejalan dengan teori-teori belajar, perkembangan otak pada anak usia dini, mencakup stimulasi aspek perkembangan dan kecerdasan majemuk anak dan mampu meng-cover modalitas belajar siswa.  Kesimpulan yang diperoleh bahwa karakter utamanya bertumpu pada pembentukan kepribadian Islam dengan menggunakan dua pola pendekatan, yaitu berfikir logis dan modeling

Keywords


metode bait qur’any; tarjamah al qur’an perkata; anak usia dini; berpikir logis; modeling