Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk penilaian yang digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran proporsional mahasiswa calon guru anak usia 6-7 Tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall, yang meliputi pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, ujicoba one to one, revisi hasil ujicoba, ujicoba skala kecil dan ujicoba skala besar. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 PGSD yang dilakukan sebanyak  tiga tahap ujicoba, yaitu uji coba one to one sebanyak 10 orang mahasiswa,  uji coba kelompok kecil sebanyak 15 orang mahasiswa, dan uji coba  kelompok besar sebanyak 30 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan uji coba yang telah dilakukan serta dilihat dari tingkat kesukaran, reliabel dan kevalidan soal, maka diperoleh hasil akhir dari penggunaan produk penilaian sebesar 64,79%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa model yang dikembangkan menunjukkan interpretasi yang baik dan layak untuk diimplementasikan sebagai alat penilaian untuk mengukur kemampuan penalaran proporsional.


Keywords


kemampuan proporsional; penilaian; penelitian pengembangan