Model Penilaian Kemampuan Penalaran Proporsional pada Mahasiswa Calon Guru Anak Usia 6-7 Tahun

Rahmi Tasty Rosandi(1Mail), Yetti Supriyati(2), Elindra Yetti(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Rahmi Tasty Rosandi

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.209

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-07-02
Published : 2019-07-17

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk penilaian yang digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran proporsional mahasiswa calon guru anak usia 6-7 Tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall, yang meliputi pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, ujicoba one to one, revisi hasil ujicoba, ujicoba skala kecil dan ujicoba skala besar. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 PGSD yang dilakukan sebanyak  tiga tahap ujicoba, yaitu uji coba one to one sebanyak 10 orang mahasiswa,  uji coba kelompok kecil sebanyak 15 orang mahasiswa, dan uji coba  kelompok besar sebanyak 30 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan uji coba yang telah dilakukan serta dilihat dari tingkat kesukaran, reliabel dan kevalidan soal, maka diperoleh hasil akhir dari penggunaan produk penilaian sebesar 64,79%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa model yang dikembangkan menunjukkan interpretasi yang baik dan layak untuk diimplementasikan sebagai alat penilaian untuk mengukur kemampuan penalaran proporsional.


Keywords


kemampuan proporsional; penilaian; penelitian pengembangan

References


Ann-Kim, S. (2003). Estimation games and proportional reasoning in young children, 5.

Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arvyati, C. S. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap kemampuan Penalaran Proporsional Siswa Sekolah Pertama. Pendidikan Matematika.

Bakker, A., Groenveld, D., & Wijers, M. (2014). Proportional reasoning in the laboratory : an intervention study in vocational education, 211–221. https://doi.org/10.1007/s10649-012-9393-y

Ceneida Fernandez, Salvador Llinares, Wim, Vandooren, Dirk De Bock, L. V. (2011). EFFECT OF NUMBER STRUCTURE AND NATURE OF QUANTITIES ON SECONDARY SCHOOL STUDENTS ’, (2005), 69–82.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

David benchaem, James T. Fey, William M. Fitzgerald, Catherine Benedetto, J. M. (1998). Proportional reasoning among 7th grade student curricular experiences. Educational Studies in Mathematics, 36, 247–273.

Desmita. (2007). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dominguez, H., Lópezleiva, C. A., & Khisty, L. L. (2014). Relational engagement : Proportional reasoning with bilingual Latino / a students, 143–160. https://doi.org/10.1007/s10649-013-9501-7

Fah, L. Y. (2009). Logical Thinking Abilities among Form 4 Students in the Interior Division of Sabah , Malaysia, 32, 161–187.

Gabriela, V. dan E. C. (2012). Prospective Elementary School Teachers Proportional Reasoning. PNA 7, 1–19.

Hilton, A., Hilton, G., Dole, S., & Hilton, A. (2016). Promoting middle school students ’ proportional reasoning skills through an ongoing professional development programme for teachers, 193–219. https://doi.org/10.1007/s10649-016-9694-7

Jamaris, M. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo.

Kathleen Westrich, C. B. (2011). Villi , Villi Everywhere : Biological Structures , Surface Area , & Proportional Thinking J J J Science Content & Proportional Science Content , Proportional, 73(3), 156–161. https://doi.org/10.1525/abt.2011.73.3.7

Kingston, J. A., & Lyddy, F. (2013). Self-ef fi cacy and short-term memory capacity as predictors of proportional reasoning. Learning and Individual Differences, 26, 185–190. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2013.01.017

Lesh, R., Post, T., dan Behr, M. (1988). Proportional Reasoning Number Concepts and Operations on the Middle Grades. Journal of Rston Lawrence Erlbaum & National Council of Teachers of Mathematics.

Mardapi, D. (2007). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Möhring, W., Newcombe, N. S., & Frick, A. (2015). Journal of Experimental Child The relation between spatial thinking and proportional reasoning in preschoolers, 132, 213–220. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2015.01.005

Nur, A. S., & Rahman, A. (2013). Mathematics Problem Solving as a Medium to Develop a Formal Reasoning at Student of Junior High School, II(I).

Robichaux-davis, R. R. (n.d.). pad doubling Lily pad doubling : Proportional reasoning development, 73(2), 13–24.

Spinillo, A. G., & Bryant, P. (1991). Articles Children ’ s Proportional Judgments : The Importanee of ’ ’ Half ’, 427–440.

Walle, J. A. (2008). Pengembangan Pengajaran Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga.


Article Metrics

 Abstract Views : 75 times
 PDF Downloaded : 36 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.