Abstract


Masih banyak guru yang belum dapat memanfaatkan Teknologi, Informasi dan Komunikasi  (TIK) dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak (TK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi guru mengenai pentingnya TIK dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di TK di kota Pontianak melalui metode deskriptif dalam bentuk penelitian survei dengan menggunakan alat ukur kuesioner yang diberikan kepada guru TK yang ada di kota Pontianak. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, yaitu sebanyak 676 orang guru TK di kota Pontianak. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 75% guru-guru TK di kota Pontianak menyatakan pentingnya TIK dalam merencanakan pembelajaran. Sebanyak 85% guru-guru TK di kota Pontianak menyatakan bahwa TIK memiliki peran yang sangat penting dalam melaksanakan pembelajaran dan sebanyak 96% guru TK di kota Pontianak menyatakan bahwa TIK sangat penting dalam mengevaluasi pembelajaran


Keywords


teknologi informasi dan komunikasi; taman kanak-kanak, persepsi guru