Persepsi Guru Mengenai Pentingnya TIK dalam Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Kota Pontianak

Author


Desni Yuniarni(1Mail),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 263KB]  Language: id
Published : 2022-01-17
Copyright (c) 2022 Desni Yuniarni

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 353 times PDF Downloaded: 161 times

Abstract


Masih banyak guru yang belum dapat memanfaatkan Teknologi, Informasi dan Komunikasi  (TIK) dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak (TK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi guru mengenai pentingnya TIK dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di TK di kota Pontianak melalui metode deskriptif dalam bentuk penelitian survei dengan menggunakan alat ukur kuesioner yang diberikan kepada guru TK yang ada di kota Pontianak. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, yaitu sebanyak 676 orang guru TK di kota Pontianak. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 75% guru-guru TK di kota Pontianak menyatakan pentingnya TIK dalam merencanakan pembelajaran. Sebanyak 85% guru-guru TK di kota Pontianak menyatakan bahwa TIK memiliki peran yang sangat penting dalam melaksanakan pembelajaran dan sebanyak 96% guru TK di kota Pontianak menyatakan bahwa TIK sangat penting dalam mengevaluasi pembelajaran


Keywords


teknologi informasi dan komunikasi; taman kanak-kanak, persepsi guru

References


Andriani, R., Andriany, D. A., & Lailia, S. K. (2021). Meningkatkan Kualitas Guru Dalam Menguasai TIK Melalui Program Microsoft Partner in Learning (PiL) dan Aplikasi Moodle. Conference Series Journal, 01(01), 1-6.

Arieska, P. K., & Herdiani, N. (2018). Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Jurnal Statistika, 6(2), 166-171. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/statistik/article/view/4322/4001

Fadlillah, M. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Di Tk It Qurrota a'Yun Babadan Ponorogo. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(1), 47-58. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i1.200

Febrialismanto. (2020). Perbedaan Kemampuan Guru Menggunakan TIK Untuk Pengembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1603-1615. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.743

Gunawan, Z. (2013). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika: Al Biruni, 3(1), 61-69. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v3i1.67

Hardiyana, A. (2016). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Paud. Awlady:Jurnal Pendidikan Anak, 1-12.

Hasbi, M., Fridani, L., Wahyuningsih, S., Wahyuni, M., & Rakhmawati, E. T. (2017). Pemanfaatan ICT (Informations And Communication Technologies) Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2).
https://doi.org/10.32923/tarbawy.v4i2.820

Istiyarti, N., & Khristiyanta, E. P. (2014). Pemanfaatan Tik Untuk Pembelajaran. Jurnal Kwangsan, 2(1), 63. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v2i1.15

Jatmiko, A. J., Hadiati, E. H., & Oktavia, M. O. (2020). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanan. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 83-97. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6875

Lestari, R. H., Sumitra, A., Nurunnisa, R., & Fitriawati, M. (2020). Perancangan Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Sistem Informasi Berbasis Website. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1396-1408. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.770

Nisa', L. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 001. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6283

Nukman, A., Rahmawati, I., Zubaidi, A., Yatin, A., & Dewi, H. R. (2022). Improving Verbal Linguistic Intelligence in Early Childhood Through the Use of Tiktok Media. 6(3), 2316-2324. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.2083

Pamungkas, J., Hayati, N., & Maryatun, I. B. (2016). Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Paud Berbasis Budaya. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 831-839. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12389

Qoma, D. I., Risyak, B., & Surahman, M. (2016). Persepsi Guru Dalam Mengelola Ruang Kelas PAUD. Jurnal Pendidikan Anak, 2(July), 1-23. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/11595/8258

Ridho, R., Markhamah, & Darsinah. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) DI KB "CERDAS" Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Jurnal Penelitian Humaniora, 5(02), 59-69.

Riyadi, S., & Mulyapradana, A. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Radhatul Atfal di Kota Pekalongan. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 13.

Sahelatua, Vitoria, L., & Mislinawat. (2018). Kendala Guru Memanfaatkan Media It Dalam Pembelajaran Di Sdn 1 Pagar Air Aceh Besar. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 131-140. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/download/8579/3601

Sawitri, E., Astiti, M. S., & Fitriani, Y. (2019). Hambatan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 202-213.

Siahaan, S. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran: Peluang, Tantangan, Dan Harapan. Jurnal Teknodik, 321-332. https://doi.org/10.32550/teknodik.v19i3.173

Styaningrum, A. (2016). Analisis Hambatan Guru Dalam Pengintegrasian Teknologi Di Smpn 1 Grabag. 702011130.

Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48-53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609

Sugiarti, Y., Maman, U., & Ratnawati, S. (2019). Implementasi Tik Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Paud Melalui Knowledge Management System Implementation of Ict in Improving Early Childhoud Education (Ece) Teacher Competence Through Knowledge Management System. Jurnal Teknodik, 043-052. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i4.576

Susanti, S. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. AZZAHRA, II(1).

Susanto, A. (2017). Pemanfaatan ICT (Informations and Communication Technologies) dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 230-241. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v4i2.820

Upitasari, R. (2020). Hambatan penggunaan tik dalam pembelajaran. Lentera: Jurnal Diklat Keagamaan Padang, 4(2), 50-59.

Widyawati. (2019). Integrasi Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Ya Bunayya, 1(1), 16-28. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i1.133

Yusuf, F., Prastyo, S., & Amnah. (2021). Analisis Hambatan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Matematika SMK. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Matematika, 1(1), 28-32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.