Abstract
Al-Quran tidak saja berfungsi ‘sebagai kitab suci umat Islam yang mengatur tentang tata cara dalam ibadah ‘saja, namun mengandung unsur adanya isyarat pendidikan komunikasi dalam keluarga. ‘Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya kemampuan berkomunikasi efektif dalam keluarga kaitannya dengan proses pendidikan anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis, sumber data di dapatkan dari bahan literatur berupa buku, jurnal dan kitab tafsir Ibnu Katsir, Tafsir al-Mannar, Tafsir Al-Azhar, Tafsir Fi zdilal al-Qur’an serta tafsir Al-Misbah. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa isyarat bentuk komunikasi yang digambarkan dalam Al-Quran yang berhubungan dengan metode komunikasi, yaitu metode Qaulan baliigha, Qaulan maisuura, qaulan layyina, qaulan ma‟rufa, qaulan kariima dan qaulan sadiida, term komunikasi tersebut memberikan isyarat tentang cara berkomunikasi yang baik, dalam konteks pendidikan ‘anak usia dini pada keluarga. Kesimpulan dalam ‘penelitian ini adalah bahwa keluarga ‘dalam hal ini orang tua perlu memahami pola komunikasi yang efektif, dan Al-Quran telah memberikan isyarat bagaimana ‘membangun komunikasi yang ideal.
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.