
Author
Ahmad Zain Sarnoto(1

Manajemen Pendidikan Islam, Institut PTIQ Jakarta, Indonesia(1)

Published : 2022-01-16
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 1593 times
PDF Downloaded: 437 times
Abstract
Al-Quran tidak saja berfungsi ‘sebagai kitab suci umat Islam yang mengatur tentang tata cara dalam ibadah ‘saja, namun mengandung unsur adanya isyarat pendidikan komunikasi dalam keluarga. ‘Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya kemampuan berkomunikasi efektif dalam keluarga kaitannya dengan proses pendidikan anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis, sumber data di dapatkan dari bahan literatur berupa buku, jurnal dan kitab tafsir Ibnu Katsir, Tafsir al-Mannar, Tafsir Al-Azhar, Tafsir Fi zdilal al-Qur’an serta tafsir Al-Misbah. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa isyarat bentuk komunikasi yang digambarkan dalam Al-Quran yang berhubungan dengan metode komunikasi, yaitu metode Qaulan baliigha, Qaulan maisuura, qaulan layyina, qaulan ma‟rufa, qaulan kariima dan qaulan sadiida, term komunikasi tersebut memberikan isyarat tentang cara berkomunikasi yang baik, dalam konteks pendidikan ‘anak usia dini pada keluarga. Kesimpulan dalam ‘penelitian ini adalah bahwa keluarga ‘dalam hal ini orang tua perlu memahami pola komunikasi yang efektif, dan Al-Quran telah memberikan isyarat bagaimana ‘membangun komunikasi yang ideal.
Keywords
References
Agama, K. (2003). Tafsir Tahlili (Tafsir Lengkap Kemenag) (A. S. Muhammad (ed.)). Jakarta : Kementerian Agama RI.
Agama, K. (2016a). Tafsir Lengkap Kemanag (M. M. Hanafi (ed.)). Jakarta: Kementerian Agama RI dan Pusat Studi Al-Qur'an (PSQ).
Agama, K. (2016b). Tafsir Ringkas Kemenag (M. M. Hanafi (ed.)). Jakarta: Kementerian Agama RI dan Pusat Studi Al-Qur'an (PSQ).
Al-Maraghi, A. M. (2010). Tafsir al-Maraghi. Semarang: PT. Thoha Putera.
A'yun, Q., Prihartanti, N., & Chusniatun. (2015). Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Keluarga Muslim Pelaksana Homeschooling). Jurnal Indigenous, 13(2), 33-40. http://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/2601
Aziz, M. A. (2019). Public Speaking: Gaya Dan Teknik Pidato Dakwah. Jakarta:Prenadamedia Group.
Az-Zuhailî, W. (2009). Tafsîr Munîr, Jilid 4. Qâhirah: Maktabah Wahbah.
Djamarah, S. B. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Faisal, V. I. A. (2019). Impementasi Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di TK Rumah Citta Yogyakarta. Jurnal Al Qalam, 20(1), 1-20.
Fakhrurrazi. (1981). Mafâtih al-Ghaib, Jilid 20. Lubnâ: Dâr al-Fikr.
Hamka. (2015a). Tafsir al-Azhar jilid 5 (juz 13, 14, 15, 16) (cet. 1). Jakarta : Gema Insani Press.
Hamka. (2015b). Tafsir al-Azhar jilid 7 (juz 21, 22, 23). Jakarta : Gema Insani Press.
Hasbi, M., Maryana, Ngasmawi, M., Nurmayasari, N., Mangunwibawa, A. A., & Jakino. (2020). Membangun Komunikasi Efektif dengan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/
Haslinda. (2018). Perspektif Makna Komunikasi Islam. AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Budaya, 9(2), 95-110. https://doi.org/10.32505/hikmah.v9i2.1743
Husen, H. (2017). Metode Ta'dib dan Komunikasi Islami Menurut Perspektif Al-Qur'an dan Hadist dalam Pembangunan Karakter Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 43-50. https://doi.org/10.29313/ga.v1i2.3385
Ibnu Katsir. (2003). Tafsir Ibnu Kasir (terj), Jilid 5. Jakarta: Pustaka Imam asy-Syafi'I.
Iqomh, M. K. B., Indrayati, N., & Fahdiyah, H. (2021). Penerapan komunikasi efektif orang tua untuk pencegahan kekerasan verbal pada anak. Jurnal Dikemas, 1(1), 5-12. http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/dikemas/article/view/935
Kurnia, R. (2009). Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insane.
Latif, M., Zukhairina, Zubaidah, R., & Afandi, M. (2014). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini : Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Murtiningsih. (2018). Teologi Perkataan: Perkataan-perkataan Yang Dicintai dan Dibenci Oleh Allah Menurut Pandangan Hamka. Jurnal Raden Fatah (JSA), 2(2), 98-119. https://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.127252
Qadratulloh, W. (2018). Tuntunan Al Quran Mengenai Pembinaan Toleransi Melalui Komunikasi Pada Anak Di Keluarga. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 16(31), 96-106. https://doi.org/10.24114/jkss.v16i31.10177
Qutbh, S. (2009). Fî Zhilâl al-Qur'ân. Jakarta: Gema Insani.
Rafidhah, H. (2017). Mengembangkan Komunikasi yang Efektif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 3(1), 45-58.
Ridha, M. R. (2011). Tafsir al-Mannar, jilid 3. Bairut: Darul Kutub al'ilmiah.
Rosalina, A., Widiasari, Y., & Hapsari, M. I. (2010). Peranan Orangtua Dalam Dongeng Sebelum Tidur Untuk Optimalisasi Kemampuan Berkomunikasi Anak Usia Dini. Psycho Idea, 8(2), 81-92. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v8i2.236
Sarnoto, A. Z. (2002). Pengantar Ilmu Komunikasi (1st ed.). Bekasi: Pustaka Faza Amanah.
Sarnoto, A. Z. (2021). Metode Komunikasi Yang Ideal Dalam Pendidikan Keluarga Menurut Al-Quran. 9(1), 105-115. https://doi.org/10.36052/andragogi.v9i1.230
Satori, D. (2016). Metode Penelitian. PT Insan Cendekia. https://insancendekiamandiri.co.id/
Shihab, M. Q. (2005). Tafsir Al Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al Quran (IV). Jakarta: Lentera Hati.
Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: remaja Rosyda Karya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.