Abstract
Pandemi Covid-19 telah membuat perubahan tatanan di segala aspek kehidupan termasuk bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran home-based learning dengan partisipasi orang tua anak usia prasekolah di masa normal baru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuisioner, dan studi dokumen. Hasil penelitian yaitu pelaksanaan home based-leaning rata-rata selama 2 jam dilakukan secara daring menggunakan perangkat digital. 81,5% orang tua memberikan kegiatan pembiasaan dalam pelaksanaan home-based learning. Peran ibu lebih mendominasi dalam proses home-based learning. Pelaksanaan home-based learning orang tua tidak hanya menjadi motivator tetapi sekaligus menjadi edukator, fasilitator, dan perpanjangan tangan pihak sekolah. Kendala selama proses home-based learning antara lain: keterbatasan waktu, teknologi, dan pendidikan orang tua. Kelancaran pembelajaran home-based learning memerlukan komunikasi dan kerja sama dari guru serta orang tua