Home-Based Learning di Masa Normal Baru: Partisipasi Orang tua Anak Usia Prasekolah

Author


Putu Indah Lestari(1Mail), Elizabeth Prima(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 312KB]

Published : 2021-04-14

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 651 times PDF Downloaded: 638 times

Abstract


Pandemi Covid-19 telah membuat perubahan tatanan di segala aspek kehidupan termasuk bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran home-based learning dengan partisipasi orang tua anak usia prasekolah di masa normal baru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuisioner, dan studi dokumen. Hasil penelitian yaitu pelaksanaan home based-leaning rata-rata selama 2 jam dilakukan secara daring menggunakan perangkat digital. 81,5% orang tua memberikan kegiatan pembiasaan dalam pelaksanaan home-based learning. Peran ibu lebih mendominasi dalam proses home-based learning. Pelaksanaan home-based learning orang tua tidak hanya menjadi motivator tetapi sekaligus menjadi edukator, fasilitator, dan perpanjangan tangan pihak sekolah. Kendala selama proses home-based learning antara lain: keterbatasan waktu, teknologi, dan pendidikan orang tua. Kelancaran pembelajaran home-based learning memerlukan komunikasi dan kerja sama dari guru serta orang tua


Keywords


home-based learning; partisipasi; orang tua; prasekolah

References


Amini, M. (2015). Profil Keterlibatan Orang Tua dalam pendidikan anak usia TK. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 10(1), 9-20. http://journal.unj.ac.id/jurnalfip/index.php/visi/article/view/7/8

Bali, S. C.-19 P. (2020). Perkembangan Akumulatif Kasus Covid-19 di Provinsi Bali.

Bhamani, S., Makhdoom, A. Z., Bharuchi, V., Ali, N., Kaleem, S., & Ahmed, D. (2020). Home Learning in Times of COVID: Experiences of Parents. Journal of Education and Educational Development, 7(1), 9. https://doi.org/10.22555/joeed.v7i1.3260

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707

Diadha, R. (2015). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Edusentris, 2(1), 61. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.161

Hindin, A. (2010). Linking home and school: Teacher candiates' beliefs and experiences. The School Community Journal, 20(2), 73-90.

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa, 8(2), 245. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Mendikbud No. 35952/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). 1-2. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19

Khadijah, & Gusman, M. (2020). Pola Kerjasama Guru Dan Orang Tua Mengelola Bermain AUD Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Kumara Cendekia, 8(2). https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.41871

Komalasari, Y. (2017). Pengembangan Karier Wanita (Sebuah Konsep Dalam Persepektif Gender). Group Wade.

Lee, S. J., Ward, K. P., Chang, O. D., & Downing, K. M. (2021). Parenting activities and the transition to home-based education during the COVID-19 pandemic. Children and Youth Services Review, 122(October 2020), 105585. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105585

Lestari, P. I., & Prima, E. (2020). Pelibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. November, 241-248.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Mulyasa, H. E. (2012). Manajemen PAUD. PT. Remaja Rosda Karya.

Patmonodewo, S. (2000). Metode Lagu dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Prasekolah (pp. 18-32). Rineka Cipta bekerjasama dengan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. http://library.walisongo.ac.id/digilib/files/disk1/9/jtptiain-gdl-s1-2005-sitifaidah-403-Bab2_310-4.pdf

Rosdiana, A. (2006). Partisipasi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini : 1(2), 62-72. https://media.neliti.com/media/publications/259930-partisipasi-orangtua-terhadap-pendidikan-89a4e534.pdf

Safitri, N., Setiawati, S., & Aini, W. (2018). Gambaran Penanaman Kemandirian pada Anak Usia Dini oleh Orang Tua dalam Keluarga. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 84. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9005

Sari, D. A., Mutmainah, R. N., Yulianingsih, I., Tarihoran, T. A., & Bahfen, M. (2020). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi Covid-19, "Dirumah Saja." Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 476-489. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548

Sutisna, N. (2007). Pendidikan Anak dalam Keluarga. UPI.

Syarbini, A. (2014). Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. PT Elex Media Komputindo.

Tim Kerja Kementerian Dalam Negeri. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah : Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Manajemen. Kementerian Dalam Negeri. https://www.kemendagri.go.id/documents/covid-19/BUKU_PEDOMAN_COVID-19_KEMENDAGRI.pdf

Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Yang, H. H., Kwok, L. F., & Wang, X. (2020). Home-Based Learning During COVID-19 Outbreak: Feedback from Chinese Parents. Teachers College Record. https://www.tcrecord.org/Content.asp?ContentID=23295


Refbacks

  • There are currently no refbacks.