Abstract


Strategi pembelajaran adalah hal yang penting dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Beberapa sekolah TK di daerah Ngajum Kabupaten Malang, mengalami permasalahan dalam hal pembelajaran fisik motorik. Kemampuan motorik kasar berkembang tidak sesuai dengan pertambahan usianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan bola basket modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di RA Diponegoro dan TK Al-Huda pada anak kelompok B. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak (random sampling). Data yang diperoleh dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik dengan uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan bola basket modifikasi berpengaruh terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa efektivitas permainan bola basket modifikasi berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun


Keywords


permainan bola basket modifikasi; kemampuan motorik kasar; anak usia 5-6 tahun.