Efektivitas Permainan Bola Basket Modifikasi terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5- 6 Tahun


Ardhana Reswari(1Mail),
(1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Ardhana - Reswari
Article Analytic
  [File Size: 630KB]  Language: id
Received : 2021-03-07  |  Published : 2021-03-21
Article can trace at:

Abstract


Strategi pembelajaran adalah hal yang penting dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Beberapa sekolah TK di daerah Ngajum Kabupaten Malang, mengalami permasalahan dalam hal pembelajaran fisik motorik. Kemampuan motorik kasar berkembang tidak sesuai dengan pertambahan usianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan bola basket modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di RA Diponegoro dan TK Al-Huda pada anak kelompok B. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak (random sampling). Data yang diperoleh dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik dengan uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan bola basket modifikasi berpengaruh terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa efektivitas permainan bola basket modifikasi berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun


Keywords


permainan bola basket modifikasi; kemampuan motorik kasar; anak usia 5-6 tahun.

References


Astutik, Fera Setia Puji; Fitri, R. (2019). Pengaruh Permainan “Lola Kena” Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Wage Sidoarjo. PAUD Teratai, 8(2), 1–6. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/29566

Aye, T., Oo, K. S., Khin, M. T., Kuramoto-Ahuja, T., & Maruyama, H. (2017). Gross motor skill development of 5-year-old Kindergarten children in Myanmar. Journal of Physical Therapy Science, 29(10), 1772–1778. https://doi.org/10.1589/jpts.29.1772

Breslin, G., Murphy, M., McKee, D., Delaney, B., & Dempster, M. (2012). The effect of teachers trained in a fundamental movement skills programme on children’s self-perceptions and motor competence. European Physical Education Review, 18(1), 114–126. https://doi.org/10.1177/1356336X11430657

Fikriyanti, M. (2013). Perkembangan Anak Usia Emas (Golden Age). Laras Media Prima.

Gallahue, D. L. (2006). Understanding Motor Development, Sixth Edition (sixth edit). Mc. Graw Hill.

Gustiana, A. D. (2011). Pengaruh Permainan Modifikasi terhadap Kemampuan Motorik Kasar dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163.

Husdarta, H. J. . (2010). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Alfabeta.

Lesmana Melvi, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak melalui. Fajar Pekanbaru, 2(2), 1–11.

Mahmud, B. (2019). Urgensi stimulasi kemampuan motorik kasar pada anak usia dini. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177

Marshall, C. (2017). Montessori education: a review of the evidence base. Npj Science of Learning, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.1038/s41539-017-0012-7

Morrison, G. S. (2012). Dasar- Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Edisi kelima. PT.Indeks.

Musfiroh, T. (2014). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegences), 60, 1–60. http://repository.ut.ac.id/4713/2/PAUD4404-TM.pdf

Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. In بیماریهای داخلی. Kencana Prenada Media Group.

Pang, A. W. Y., & Fong, D. T. P. (2009). Fundamental motor skill proficiency of Hong Kong children aged 6-9 Years. Research in Sports Medicine, 17(3), 125–144. https://doi.org/10.1080/15438620902897516

Papalia. (2009). Perkembangan Manusia Edisi Kesepuluh. salemba Humanika.

Payne, V. Gregory & Isaacs, L. D. (2012). Human Motor Development: A Lifespan Approach. McGraw-Hill.

Pradaya, B., Admojo, I. R. W., & Dewi, N. K. (2020). Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan modifikasi bola basket pada anak usia 5-6 tahun. Kumara Cendekia, 8(1), 56. https://doi.org/10.20961/kc.v8i1.32572

Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.407

Rizkiyah, L., Hendrawijaya, A. T., & Himmah, I. F. (2018). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun Dengan Keterampilan Gerak Dasar Di KB Gita Nusa Kabupaten Jember. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(2), 14–16.

Sevimli-Celik, S., & Johnson, J. E. (2013). “I need to move and so do the children.” International Education Studies, 6(5), 1–10. https://doi.org/10.5539/ies.v6n5p1

Sitepu, I. D. (2018). Manfaat Permainan Bola Basket Untuk Anak Usia Dini. JURNAL PRESTASI, 2(3), 27. https://doi.org/10.24114/jp.v2i3.10129

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D (pp. 85, 221, 273). CV. Alfabeta.

Theobald, M., Danby, S., Einarsdóttir, J., Bourne, J., Jones, D., Ross, S., Knaggs, H., & Carter-Jones, C. (2015). Children’s perspectives of play and learning for educational practice. Education Sciences, 5(4), 345–362. https://doi.org/10.3390/educsci5040345

Vameghi, R., Shams, A., & Dehkordi, P. S. (2012). The effect of age, sex and obesity on fundamental motor skills among 4 to 6 years-old children. Pakistan Journal of Medical Sciences, 29(2), 586–590. https://doi.org/10.12669/pjms.292.3069

W.Santrock, J. (2015). Perkembangan anak (W. Hardani (ed.)).

Wiyani, N. A. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta. In Ar-Ruzz Media. Ar Ruzz Media.

Wiyani, Novan Ardy. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Panduan bagi Orang Tua dan Pendidik PAUD dalam Memahami serta Mendidik Anak Usia Dini. Gava Media.

Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini (p. 114). Kencana Prenadamedia Grup.

Zirawaga, V., Olusanya, A., & Maduki, T. (2017). Gaming in education: Using games a support tool to teach History. Journal of Education and Practice, 8(15), 55–64. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1143830.pdf


Article Metrics

 Abstract Views : 7 times
 PDF Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.