Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang

Author


Swantyka Ilham Prahesti(1Mail), Syifa Fauziah(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 315KB]

Published : 2021-06-06

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1133 times PDF Downloaded: 746 times

Abstract


Anak usia dini memerlukan banyak sekali informasi untuk mengisi pengetahuannya agar siap menjadi manusia sesungguhnya. Dalam hal ini memberikan pengetahuan tentang kearifan lokal di setiap daerah kepada anak-anak. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meneliti dan mengembangkan suatu media pembelajaran. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk menentukan hasil pencapaian pengetahuan menggunakan media pembelajaran interaktif dan media konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan quasi group design. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pencapaian media pembelajaran interaktif kearifan lokal kabupaten semarang menggunakan video animasi lebih besar dari pada hasil pencapaian media pembelajaran interaktif kearifan lokal kabupaten semarang menggunakan video konvensional. Saran dalam penelitian ini yaitu dapat melakukan penelitian lanjutan terkait Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang dengan menggunakan tema atau daerah lainnya

Keywords


anak usia dini; media pembelajaran; interaktif; kearifan lokal

References


Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Perananya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media.

Dewi, N. M. O., Wirya, N., Asril, N. M., & Psi, S. (2014). Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Balok Cruissenare Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.2982

Faela, S. N. K. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar : Sebuah Kerangka Konseptual. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48-53. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2316

Fauziddin, M., Mayasari, D., & Rizki, L. M. (2021). Effective Learning for Early Childhood during Global Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1).

Fauziyah, N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam. Al-Mau'Izhoh, 2(2), 1-11. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Febiharsa, D., & Djuniadi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 75. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590

Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. In JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) (Vol. 2, Issue 1, p. 37). https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.781

Gagne, R. M., & Briggs, L. J. (1991). Priniples of instructional design; Applications and illustrations. In Educational Technology. Richard and Winston.

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683

Maulida, N., Anra, H., & Pratiwi, H. S. (2018). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Hewan pada Anak Usia Dini. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JustIN), 6(1), 26. https://doi.org/10.26418/justin.v6i1.23726

Munawar, M., Prasetyo, A., & Pusari, R. W. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Pendekatan In House Training Berbasis Kearifan Budaya Lokal. Jurnal Penelitian PAUDIA, 2(1), 1-13. download.portalgaruda.org/article.php?article=88239&val=530

Sartini, S. (2004). Menggali kearifan lokal nusantara sebuah kajian filsafati. Jurnal Filsafat, 37(2), 111-120.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2001). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.

Sularso, S. (2016). Revitalisasi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Dasar. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 73. https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i1.a4728

Suyitno, I. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1307

Vitianingsih, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Inform, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.37438/jimp.v1i1.7

Wulansari, B. Y. (2017). Pelestarian Seni Budaya Dan Permainan Tradisional Melalui Tema Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1), 1-11. https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp1-11


Refbacks

  • There are currently no refbacks.