Abstract


Media pendidikan karakter tidak hanya terbatas pada buku teks, karya sastra, maupun ungkapan hikmah. Media pendidikan yang dapat digunakan selain yang telah disebutkan adalah acara televisi sebagai media pendidikan karakter. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam program acara televisi yang diminati anak-anak Sekolah Dasar (SD) kelas rendah (usia 6-8 tahun). Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam program acara yang diminati anak-anak SD. Sumber data penelitian ini adalah program acara televisi yang diminati anak-anak SD. Data-data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner, observasi dan dilanjutkan dengan teknik catat. Analis data penelitian ini menggunakan metode padan referensial atau analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat sepuluh nilai pendidikan karakter dalam program acara televisi yang diminati anak-anak SD. Hal tersebut didasarkan pada nilai pendidikan karakter dan nilai sosial budaya yang terkandung dalam acara tersebut.

Keywords


pendidikan karakter; program acara televisi; anak usia 6-8 tahun