Grandparenting Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19

Author


Lia Dwi Ayu Pagarwati(1Mail), Arif Rohman(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 238KB]

Published : 2020-11-04

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 3405 times PDF Downloaded: 2355 times

Abstract


Tujuan penelitian ini memaparkan bagaimana grandparenting membentuk tanggung jawab, jujur, mandiri, disiplin dan religius anak di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket (googleform). Wawancara yang digunakan adalah wawancara mendalam. Partisipan dalam penelitian ini nenek yang mengasuh cucunya sebanyak 6 keluarga. Penelitian dilakukan di 5 kabupaten Provinsi Sumatera Selatan. Hasil penelitian menunjukkan penyerahan pengasuhan pada nenek terjadi akibat beberapa faktor yaitu perceraian, kematian dan waktu bekerja orang tua. Pola pengasuhan yang di gunakan nenek dalam membetuk karakter tanggung jawab, jujur, disiplin, mandiri dan religius berupa pengasuhan yang otoriter, otoritatif dan permissive dengan metode penjelasan, pemberian contoh dan pembiasaan. Dalam pola asuh yang digunakan nenek berdampak baik dalam membentuk karakter berupa disiplin, tanggung jawab, jujur, religius dan mandiri pada cucu mereka. Dengan terbentuknya karakter anak dengan baik maka dalam membiasakan anak dalam menerapkan protokol kesehatan dengan hidup bersih dan sehat juga berjalan dengan baik pula.

Keywords


grandparenting; pendidikan karakter; anak usia dini; pandemi covid-19

References


Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 107115. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.407

Alyami, M. (2020). Guidance for Corona Virus Disease 2019. Printed In Peoples Republic Of China. http://www.pmph.com/

Arini, S. (2018). Pola Asuh, Pengasuhan Kakek-Nenek, Jarak Antar Generasi, Sifat Anak, Prestasi Anak. Jurnal Demensia, 7(1), 98114.

Breheny, M., Stephens, C., & Spilsbury, L. (2013). Involvement without interference: How grandparents negotiate intergenerational expectations in relationships with grandchildren. Journal of Family Studies, 19(2), 174184. https://doi.org/10.5172/jfs.2013.19.2.174

Cristea, A. (2016). Pola Asuh Grand Parenting (Studi pada 5 keluarga di Desa Wukirsari Imogiri, Bantul). Revista Brasileira de Ergonomia, 9(2), 10. https://www.infodesign.org.br/infodesign/article/view/355%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/731%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/269%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/106

Delap, E., Mann, G., & Frontiers, C. (2020). Prioritising support to kinship care in responses to COVID-19 (Issue May).

Edwards, O. W. (2018). School perceptions of children raised by grandparents. Journal of Applied School Psychology, 34(1), 86100. https://doi.org/10.1080/15377903.2017.1403401

Eriyanti, ishvi oktavenia, Susilo, H., & Riyanto, Y. (2019). Analisis Pola Asuh Grandparenting Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Tk Dharma Wanita I Desa Drokilo Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 3(1), 916.

Fauziningtyas, R., Indarwati, R., Alfriani, D., Haryanto, J., Ulfiana, E., Efendi, F., Nursalam, N., & Abdullah, K. L. (2019). The experiences of grandparents raising grandchildren in Indonesia. Working with Older People, 23(1), 1726. https://doi.org/10.1108/WWOP-10-2018-0019

Fono, Y. M., Fridani, L., & Meilani, S. M. (2019). Kemandirian dan Kedisplinan Anak yang Diasuh oleh Orangtua Pengganti. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 537. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.245

Gupta, M., & Mehtani, D. (2017). Construction and Validation of Parenting Style Scale (PSS). Shikshan Anveshika, 7(1), 1. https://doi.org/10.5958/2348-7534.2017.00001.0

Khadijahalavi, Dorisdagang, & Muhammadsaleem. (2016). Empowering Grandparenting Style a Family Based. April, 1117.

Lasota, A. (2015). What do Children Learn from their Parents and what from their Grandparents? Changes in the Perception of Gender and Family Roles as Seen from the Developmental Perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 24672472. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.918

Latifah, E. W., Krisnatuti, D., & Puspitawati, H. (2016). Pengaruh pengasuhan ibu dan nenek terhadap perkembangan kemandirian dan kognitif anak usia prasekolah. Jur. Ilm. Kel. & Kons., 9(1), 2132.

Muncsh, L. E. L. & J. (2016). Child Development Form Infancy To Adolescence (An Active Learning Approach) (Thousand O). SAGE Publications.

Nugrahani, F., Widayati, M., & Imron, A. (2019). Strengthening Character Education in Elementary School. 971979. https://doi.org/10.4108/eai.3-11-2018.2285653

Nurlatifah, N. N., Rachmawati, Y., & Yulindrasari, H. (2020). Pendidikan karakter anak usia dini pada keluarga tanpa ayah. Edukid, 17(1), 4249. https://doi.org/10.17509/edukid.v17i1.24213

Presiden Republik Indonesia. (2017). Perpres no. 87 Tahun 2017. 6 September 2017. https://setkab.go.id/inilah-materi-perpres-no-87-tahun-2017-tentang-penguatan-pendidikan-karakter/

Purandina, I. P. Y., & Winaya, I. M. A. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270290. https://doi.org/https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Putri, A. D., &, & Izzati. (2020). Pelaksanaan Perkembangan Kemandirian Anak yang Diasuh oleh Grandparent. 4, 12691277.

Salafuddin, Santosa, Utomo, S., & Utaminingsih, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua dalam Penguatan Pendidikan Karakter Anak (Studi Kasus pada Anak TKW di SDN Pidodo Kecamatan Karangtengah). JPAI: Jurnal Perempuan Dan Anak Indonesia, 2(1), 18. https://doi.org/10.35801/jpai.2.1.2020.28276

Samiaji, M. H. (2019). Perkembangan Karakter Mandiri dan Jujur Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Anak-Anak KB Wadas Kelir Purwokerto Selatan). ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(2), 295308. https://doi.org/10.21043/thufula.v7i2.6490

Santi, L. (2016). The Habituations Of Behavior As Student Character Reinforcement In Global Era. 2(93), 414428. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15575/jpi.v2i3.852

Santoso, S. T. P., & Fahrinnia, V. (2018). Mom Worked: Patterns of Parenting and Attachment by Children. Atlantic, 244(Ecpe), 189192. https://doi.org/10.2991/ecpe-18.2018.42

Sary, Y. N. E. (2020). Cara Asuh Nenek pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 327333. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.585

Saxena, D., & Sean, B. (2019). Grandparents When Parents to Their Become Grandchildren. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Sulistyawati, L., & Murdaningsih, D. (2020). Cara Asyik Ajarkan Protokol Kesehatan kepada Anak. Republika.Co.Id.

Sumargi, A., Sofronoff, K., & Morawska, A. (2015). Understanding parenting practices and parents views of parenting programs: A survey among Indonesian parents residing in Indonesia and Australia. Journal of Child and Family Studies, 24(1), 144160. https://doi.org/. https://doi.org/10.1007/s10826-013- 9821-3

Suprapto, R., Hayati, M., Nurbaity, S., Anggraeni, F., Haritsatama, S., Sadida, T. Q., Firoh, A., & Pratama, F. A. (2020). Pembiasaan Cuci Tangan yang Baik dan Benar pada Siswa Taman Kanak-Kanak (TK) di Semarang. Jurnal Surya Masyarakat, 2(2), 139. https://doi.org/10.26714/jsm.2.2.2020.139-145

Susanti, S. (2017). Jurnal Psikologi Konseling Vol. 11 No.2, Desember 2017. 11(2), 113.

UNICEF & WHO. (2020). Advice on the use of masks in the context of COVID-19. Who, April, 15.

Wellard, S. (2011). Too Old to Care? The experiences of older grandparents raising their grandchildren. Grandparents Plus, 150.

Yun, B. X., Thing, T. S., & Hsoon, N. C. (2019). A Quantitative Study of Relationship between Parenting Style and Adolescents Self-esteem. 304(Acpch 2018), 441446. https://doi.org/10.2991/acpch-18.2019.103


Refbacks

  • There are currently no refbacks.