Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Yogyakarta
Syahria Anggita Sakti(1

(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

Copyright (c) 2021 Syahria Anggita Sakti
Article Analytic |
Received : 2020-10-11 | Published : 2021-03-29
Article can trace at:
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi terkait kendala dalam pembelajaran secara daring pada layanan PAUD akibat adanya pandemic COVID-19. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus eksplorasi untuk mendapatkan informasi bagaimana proses pembelajaran daring berlangsung dan kendala yang dihadapi dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini, responden sebanyak 8 orang tua murid di lembaga PAUD di Sleman Yogyakarta. Untuk tujuan kerahasiaan, responden diberi inisial R1, R2, R3, R4, R5, R6, R7 dan R8. Hasil dari penelitian ini terdapat kendala yang dialami oleh murid, guru, dan orang tua dalam pembelajaran daring yaitu keterbatasan penguasaan teknologi, jaringan internet yang tidak stabil, variasi materi bahan ajar yang masih sangat minim, serta jam kerja yang menjadi tidak terbatas bagi guru. Dampak dari penelitian ini dapat memberikan masukan bagi pemangku kebijakan tentang bagaimana menyelenggrakan model pendidikan daring yang sesuai dengan kondisi warga belajarnya terlebih pada masa pandemi
Keywords
References
Asbari, M., Nurhayati, W., Purwanto, A., & Artikel, I. (2019). Pengaruh Parenting Style dan Personality Genetic Terhadap Pengembangan Karakter Anak di PAUD Islamic School. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, IV(2), 148-163. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3344
Baiquni, R. (2020). UNESCO: 850 Juta Pelajar Tidak Sekolah karena Virus Corona. Www.Kumparan.Com. https://kumparan.com/millennial/unesco-850-juta-pelajar-tidak-sekolah-karena-virus-corona-1t3QM1XZjqW/full
Chikoko, R., & Msibi, T. (2020). The emerging professional teacher identity of early childhood and foundation phase pre-service teachers: Implications for teacher education programmes. Asia-Pacific Journal of Research in Early Childhood Education, 14(2), 53-76. https://doi.org/10.17206/apjrece.2020.14.2.53
Devine, A., Wallace, R., Lo, J., Miller, M., Sambell, R., Costello, L., Lombardi, K., & Veurink, S. (2019). Online programs build confidence and improve healthy eating messages in Early Years services. Australasian Journal of Early Childhood, 44(2), 139-152. https://doi.org/10.1177/1836939119833244
Dunford, D. (2020). Virus corona: Potret dunia saat sedang "lockdown" dalam peta dan infografis. BBC. https://www.bbc.com/indonesia/dunia-52289363
Dzulfaroh, A. N. (2020). Melihat Peningkatan Kasus Covid-19 di Indonesia dari Bulan ke Bulan. Www.Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/01/200200165/melihat-peningkatan-kasus-covid-19-di-indonesia-dari-bulan-ke-bulan?page=all
Guetterman, T. (2015). Descriptions of Sampling Practices Within Five Approaches to Qualitative Research in Education and the Health Sciences. https://doi.org/https://doi.org/10.17169/fqs-16.2.2290
Huver, R. M. E., Otten, R., de Vries, H., & Engels, R. C. M. E. (2010). Personality and parenting style in parents of adolescents. Journal of Adolescence, 33(3), 395-402. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2009.07.012
Khayankij, S. (2012). The Implementation of Contemplative Education in the Assessment and Evaluation of Young Children Course. Asia-Pacific Journal of Research in Early Childhood Education, 6(2), 85-99. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=fgh&AN=86950671&site=ehost-live
Lewis, S., Whiteside, A. L., & Dikkers, A. G. (2015). Providing chances for students to recover credit: Is online learning a solution? Advances in Research on Teaching, 25, 143-157. https://doi.org/10.1108/S1479-368720150000027007
Listiana, A., & Rachmawati, Y. (2017). The Teacher's Perception on TPM-Kurtilas Implementation in Amal Keluarga Kindergarten- Bandung. 58, 1-6. https://doi.org/10.2991/icece-16.2017.1
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067
https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067
O'Sullivan, A. (2018). Educator decision making about outdoor learning spaces in Early Childhood Education and Care services. Asia-Pacific Journal of Research in Early Childhood Education, 12(2), 93-103. https://doi.org/10.17206/apjrece.2018.12.2.93
Oktafia Ika. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 3(8), 496-503. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005
Purwanto. (2019). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online. 15(2), 98-112. http://journal.unas.ac.id/oikonamia/article/view/748/620
Rokhani, T. S. (2020). Pengaruh Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Dengkek 01 Pati Selama Masa Pandemi Covid-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 424-437. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/500
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109-119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Snell, T. L., Simmonds, J. G., & Klein, L. M. (2020). Exploring the impact of contact with nature in childhood on adult personality. Urban Forestry and Urban Greening, 55(April), 126864. https://doi.org/10.1016/j.ufug.2020.126864
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, 5(3), 133-140. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/3394/1884
https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05
Valerisha, A., & Putra, M. A. (2020). Pandemi Global Covid-19 Dan Problematika Negara-Bangsa: Transparansi Data Sebagai Vaksin Socio-Digital? Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 131-137. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3871.131-137
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.