Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Bermuatan Budaya Lokal Tepian Sungai pada Anak Usia Dini

Author


Novitawati Novitawati(1), Chresty Anggreani(2Mail),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 437KB]

Published : 2021-04-17

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 758 times PDF Downloaded: 572 times

Abstract


Penelitian pengembangan  ini bertujuan untuk menghasilkan produk perencanaan pembelajaran bermuatan budaya lokal tepian sungai pada pendidikan anak usia dini dengan menggunakan prosedur research and development yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, uji ahli, revisi, dan uji lapangan. Berdasarkan hasil pengembangan produk telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil uji kevalidan sebesar 3,49 dengan kategori valid, uji kepraktisan sebesar 3,8 dengan kategori sedang, sedangkan uji keefektifan sebesar 97%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran  bermuatan budaya lokal tepian sungai dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran di PAUD. Unsur kebaruan dalam penelitian ini yaitu perencanaan pembelajaran bermuatan budaya lokal tepian sungai yang sesuai dengan karakteristik pendidikan anak usia dini sehingga pembelajaran  menjadi lebih menarik, bermakna serta menyenangkan

Keywords


rencana pelaksanaan pembelajaran harian; budaya local; pendidikan anak usia dini

References


Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 111-117.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.22

Hamalik, O. (2015). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hapidin, H., & Yenina, Y. (2016). Pengembangan Model Permainan Tradisional Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini. Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 201-212. https://doi.org/10.21009/jpud.102.01

Jannah, M. (2017). Kemampuan Guru Paud Dalam Mengintegrasikan Nilai Pada Rencana Pembelajaran Harian (Rpph) Anak Usia Dini Di Kabupaten Pidie Jaya. 3(1), 23-32.

Kemdikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2014 Tentang Pelestarian Tradisi. 3 Februari 2014.Jakarta. 1-8.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, (2014).

Lestariningrum, A., & Handani, M. C. (2017). Analisis Pengembangan Kecerdasan Logis Matematis Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Permainan Tradisional. Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 215-225. https://doi.org/10.21009/jpud.112.02

Lestariningrum, A., & Wijaya, I. P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Di Tk Negeri Pembina Kota Kediri. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4755

Lubis, R., & Khadijah, K. (2018). Permainan Tradisional Sebagai Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 177-186. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-05

Musi, M. A., Sadaruddin, S., & Mulyadi, M. (2018). Implementasi Permainan Edukatif Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 117-128.

Muzakki, M., & Fauziah, P. Y. (2015). Implementasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Budaya Lokal Di Paud Full Day School. Jppm (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 39-54. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i1.4842

Nadlir, M. (2013). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal Of Islamic Education Studies), 1(2), 338-352. https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.2.338-352

Pamungkas, J., Hayati, N., & Maryatun, I. B. (2016). Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Paud Berbasis Budaya. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12389

Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat, 35.

Rahmawati, Y. (2015). Pengenalan Budaya Melalui Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2908

Suardana, I. N., & Retug, N. (2017). Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Budaya Bali Bagi Guru-Guru Sains Smp Di Kecamatan Buleleng. Widya Laksana, 2(1), 9-19.
https://doi.org/10.23887/jwl.v2i1.9125

Suastra, I. W. (2010). Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengembangkan Potensi Dasar Sains Dan Nilai Kearifan Lokal Di Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(1).

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Kencana.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Widiastuti, S. (2012). Pembelajaran Proyek Berbasis Budaya Lokal Untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).
https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2907

Wuryandani, W. (2010). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Untuk Menanamkan Nasionalisme Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Uny, 1-10.

Yani, S. J. L. A., & Timur, S. J. (2017). Pelibatan Orang Tua Bernuansa Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 130-145.
https://doi.org/10.21009/doi.111.09

Yetti, E., & Juniasih, I. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Tari Pendidikan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Aktif ( Pengembangan Model Di Taman Kanak-Kanak Labschool Jakarta Pada Kelompok B). Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 385-400. https://doi.org/10.21009/jpud.102.11


Refbacks

  • There are currently no refbacks.