Aplikasi Edutainment Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh TK Merujuk Standar Nasional PAUD

Elviawaty Muisa Zamzami(1Mail),
(1) Ilmu Komputer, Universitas Sumatera Utara, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Elviawaty Muisa Zamzami

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.750

Download Full Text:   [File Size  : 429KB]  Language : ID
Received : 2020-09-05  |  Published : 2020-09-19

Abstract


Pandemi COVID-19 memicu perubahan pembelajaran Nasional, memunculkan “Belajar Dari Rumah”. Penyelenggaraan Pendidikan menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), tidak terkecuali untuk jenjang Taman Kanak-kanak (TK). PJJ membutuhkan teknologi informasi dan komunikasi termasuk aplikasi edutainment. Aplikasi edutainment dapat mendukung pembelajaran pada jenjang TK. Paper ini memuat penelitian untuk memperoleh aplikasi-aplikasi edutainment yang dapat mendukung PJJ TK merujuk Standar Nasional PAUD (SN PAUD). Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik observasi  terhadap aplikasi-aplikasi pada Google Play Store dengan platform Android. Selanjutnya, melakukan analisis eksperimen terhadap konten dari aplikasi edutainment yang telah dikumpulkan. Bagian akhir paper ini memberikan daftar aplikasi edutainment yang penggunaannya mendukung PJJ jenjang TK, bukan untuk menggantikan materi pembelajaran yang telah disusun untuk tatap muka langsung atau daring. Aplikasi-aplikasi edutainment tersebut memuat konten berkesesuaian dengan Standar Isi pada SN PAUD, sehingga  siswa memperoleh lebih banyak manfaat “Belajar Dari Rumah” dan memungkinkan guru mengeksplorasinya untuk pembelajaran.


Keywords


pjj tk; sn paud; aplikasi edutainment

References


AppBrain. (2020). Google Play Ranking: Top Free Education Apps in Indonesia | AppBrain. https://www.appbrain.com/stats/google-play-rankings/top_free/education/id

Ariadhy, S. Y., Nurohman, S., Arkum, D., & Handini, W. (2020). Pelatihan pembelajaran jarak jauh di era pandemi covid-19. JURNAL ANOA, 1(3), 220–226. http://ojs.uho.ac.id/index.php/anoa/article/view/13640

Banerjee, A., La Ferrara, E., & Orozco Olvera, V. (2019). The Entertaining Way to Behavioral Change : Fighting HIV with MTV. National Bureau of Economic Research. https://doi.org/10.3386/w26096

Burroughs, B. (2017). Youtube kids: The app economy and mobile parenting. Social Media and Society, 3(2). https://doi.org/10.1177/2056305117707189

Fauziddin, M. (2016). Pembelajaran Agama Islam Melalui Bermain Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 107–116. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.37

Fojtík, R. (2018). Problems of Distance Education. International Journal of Information and Communication Technologies in Education, 7(1), 14–23. https://doi.org/10.2478/ijicte-2018-0002

GlobalStats. (2020). Mobile Operating System Market Share Indonesia | StatCounter Global Stats. Www.Gs.Statcounter.Com.

HealthTap. (2016). Android Apps on Google Play. Google Play, 17–19. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.healthtap.userhtexpress&hl=en_GB

Jaya Saragih, M., Mas Rizky Yohannes Cristanto, R., Effendi, Y., & Zamzami, E. M. (2020). Application of Blended Learning Supporting Digital Education 4.0. Journal of Physics: Conference Series, 1566(1), 12044. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1566/1/012044

Kemdikbud. (2020). Jadwal Acara Program Belajar dari Rumah di TVRI Minggu Kedua 19 April 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/04/jadwal-acara-program-belajar-dari-rumah-di-tvri-minggu-kedua

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran CoronaVirus Disease (COVID-19).

Lucas, F. M. M. (2017). The Game as an Early Childhood Learning Resource for Intercultural Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 237, 908–913. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.127

Makoe, M., & Shandu, T. (2018). Developing a mobile app for learning english vocabulary in an open distance learning context. International Review of Research in Open and Distance Learning, 19(4), 208–221. https://doi.org/10.19173/irrodl.v19i4.3746

Maulida, M. L., & Nadiyah, N. (2019). Implementasi model pembelajaran edutainment dan tematik terhadap perkembangan kreativitas anak di kelompok bermain aisyiah mutiara ummi kalasan yogyakarta. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 5(2). https://doi.org/10.18592/jea.v5i2.3202

Moldovan, A., Guran, A.-M., & Cojocar, G.-S. (2019). Developing edutainment applications for Romanian preschoolers. In International Journal of User-System Interaction (Vol. 12, Issue 2019).

Monett, D., & Stolte, H. (2016). Predicting star ratings based on annotated reviews of mobile apps. Proceedings of the 2016 Federated Conference on Computer Science and Information Systems, FedCSIS 2016, 421–428. https://doi.org/10.15439/2016F141

Niemann, P., Bittner, L., Schrögel, P., & Hauser, C. (2020). Science Slams as Edutainment: A Reception Study. Media and Communication, 8(1), 177–190. https://doi.org/10.17645/mac.v8i1.2459

Papadakis, S., Kalogiannakis, M., & Zaranis, N. (2018). Educational apps from the Android Google Play for Greek preschoolers: A systematic review. Computers and Education, 116, 139–160. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.09.007

Pressman, R. S., & Maxim, B. R. (2015). Software Engineering : A Practitioner’s Approach, Eighth Edition. McGraw-Hill Education.

Pusat Data. (2020). Statistik PAUD Pendidikan Anak Usia Dini 2019/2020.

Rodrigues, P., Silva, I., Barbosa, G., Coutinho, F., & Mourão, F. (2019). Beyond the stars: Towards a novel sentiment rating to evaluate applications in web stores of mobile apps. 26th International World Wide Web Conference 2017, WWW 2017 Companion, 109–117. https://doi.org/10.1145/3041021.3054139

Santoso. (2018). Penerapan Konsep Edutainment dalam Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 61–68. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2376

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Tung, W. H. (2015). Liberal Studies Students’ Conceptions of “ Edutainment .” The University of Hong Kong.

Vartiainen, J., & Aksela, M. (2019). Science at home: Parents’ need for support to implement video-based online science club with young children. LUMAT, 7(1), 59–78. https://doi.org/10.31129/LUMAT.7.1.349

YouTube Kids. (2020). YouTube Kids - Aplikasi Khusus Anak-Anak. https://www.youtube.com/intl/ALL_id/kids/

Zigh, E., Elhoucine, A., Mallek, A., Kadiri, M., Belkacem, K., & Ensari, T. (2020). Smartphone learning for Kids edutainment. ACM International Conference Proceeding Series, 1–5. https://doi.org/10.1145/3386723.3387862


Article Metrics

 Abstract Views : 1052 times
 PDF Downloaded : 512 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.