Perbedaan Kemampuan Guru Menggunakan TIK Untuk Pengembangan Anak Usia Dini

Febrialismanto Febrialismanto(1Mail),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 febrialismanto febrialismanto

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.743

Download Full Text:   [File Size  : 282KB]  Language : ID
Received : 2020-09-01  |  Published : 2020-12-18

Abstract


Pada umumnya guru anak usia dini belum memanfaatkan TIK untuk pengembangan anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan guru menggunakan atau memiliki TIK dengan yang tidak menggunakan atau memiliki TIK untuk pengembangan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode komparatif dengan analisis Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang menggunakan multimedia memiliki berbedaan pada pemanfaatan TIK untuk pengembangan anak usia dini, dukungan wifi di sekolah untuk guru memiliki berbedaan pada pemanfaatan TIK untuk pengembangan anak usia dini, guru yang menggunakan search engine memiliki berbedaan pemanfaatan TIK untuk pengembangan anak usia dini. Guru yang memiliki android tidak menunjukkan perbedaan pada pemanfaatan TIK untuk pengembangan anak usia dini, dan guru yang memiliki sosial media tidak menunjukkan perbedaan pada pemanfaatan TIK untuk pengembangan anak usia dini. Hasil penelitian ini memberikan informasi penggunaan TIK oleh guru untuk pembelajaran yang digunakan pada anak usia dini

Keywords


tik; perkembangan; guru paud

References


Alqahtani, M., & Mohammad, H. (2017). Mobile Applications ’ Impact on Student Performance and Satisfaction. The Turkish Online Journal of Educational Technology –, 14(4), 102–112.

Alwraikat, M. (2015). Wireless internet technology to support learning in the university of Jordan: Students voices. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 9(3), 4–10. https://doi.org/10.3991/ijim.v9i3.4031

Aripin, I. (2018). Konsep Dan Aplikasi Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi. Bio Educatio, 3(1), 1–9.

Aspari, A. (2016). Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SIMNASIPTEK). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Pada Masyarakat Modern, 10–17.

Assidik, G. K. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Literasi Digital yang Interaktif dan Kekinian. Seminar Nasional SAGA Universitas Ahmad Dahlan, 242–246. http://seminar.uad.ac.id/index.php/saga/article/viewFile/124/370

Astra, I. M., Nasbey, H., & Nugraha, A. (2015). Development of an Android Application in the Form of a Simulation Lab as Learning Media for Senior High School Students. 11(5), 1081–1088. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1376a

Diah, I., & Nita, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. 1(2), 68–75. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Fadli, F. (2014). Model pembelajaran jejaring sosial pada pelajaran matematika. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(2), 90. https://doi.org/10.21009/pip.282.2

Faslah, R. (2016). Model of the use of information technology in improving the ability of student (experimental study tools search engine in sma negeri 1 parung bogor). Econosains Jurnal Online Ekonomi dan Pendidikan, 14(1), 70–87. https://doi.org/10.21009/econosains.0141.06

Febrialismanto, & Hukmi. (2018). Perbedaan Kompetensi Profesional Guru PG PAUD Kabupaten Siak Dengan Kabupaten Kampar Provinsi Riau. 7(1), 61–68.

Febrialismanto, & Nur, H. (2019). Kemampuan Guru Menggunakan TIK Untuk Pengembangan di. KINDERGARDEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 101–111. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.8296

Febrialismanto, & Nur, H. (2020). Hubungan Aktivitas Penggunaan Teknologi dengan Memilih TIK Untuk Pengembangan Anak Usia Dini. PAUD Lectura, 3(2), 28–39. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i02.3886

Hendikawati, P., Zahid, M. Z., & Arifudin, R. (2019). Android-Based Computer Assisted Instruction Development as a Learning Resource for Supporting Self-Regulated Learning. International Journal of Instruction, 12(3), 389–404. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2019.12324a

Hendriawan, M. A., & Muhammad, G. M. (2018). Pengembangan Jimath Sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 274–288. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a12

Husain, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2004), 184–192. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i2.1917

Indonesia, P. M. P. dan K. R. (2014). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Irnin Agustina Dwi Astuti, Dasno, R. A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 695–701. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289

Jelita, J. (Tarbiyah P. P. M. S. Z. C. K. L. (2013). Penggunaan Fasilitas WiFi dan Pengaruhnya terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika (Studi pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa). Logaritma, 1(1), 110–120. https://doi.org/https://doi.org/10.24952/logaritma.v1i01.197

Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. 1(2009). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356

Komariah, S., Suhendri, H., & Hakim, A. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa Smp Berbasis Android. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 4(1), 43–52. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.2805

Martono Kurniawan, T., & Nurhayati Oky, D. (2014). Implementation of Android-Based Mobile Learning Application as a Flexible Learning Media. International Journal of Computer Science Issues, 11(3), 168–174.

Meolbatak, E. M., & Bria, Y. P. (2016). Penerapan Model Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Untuk Meningkatkan Self Motivated Learning Dan Self Regulated Learning. Media Teknika Jurnal Teknologi, 11(2), 83–90. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24071/mt.v11i2.519

Munirah. (2018). Penggunaan aplikasi whatsapp pada pembelajaran menulis paragraf narasi bahasa indonesia. Kemendikbud. http://repositori.kemdikbud.go.id/

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi Abstrak. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2301), 79–83.

Ningrum, N. K., Toenlioe, A. J., & Abidin, Z. (2019). Analisis Pemanfaatan Search Engine Dalam Meningkatkan Self-Regulated Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 149–157. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i22019p149

Nisa’, L. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 001. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6283

Nopriyanti, N., & Sudira, P. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kompetensi dasar pemasangan sistem penerangan dan wiring kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 222–235. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6416

Nurhayati, A. S. (2016). Prosiding temu ilmiah nasional guru (ting) viii. VIII, 621–631.

Nurhayati, N., Suciati, U., & Heriyanti, M. E. N. (2014). Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gadjah Mada di Era Search Engine. JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 16(1), 29. https://doi.org/10.33164/iptekkom.16.1.2014.29-40

Priantama, R. (2017). Efektivitas wi-fi dalam menunjang proses pendidikan bagi lembaga perguruan tinggi (studi kasus terhadap mahasiswa pengguna di lingkungan universitas kuningan). Jurnal Cloud Information, 1(1), 22–28.

Priyanto, D. (2009). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer. 14(1), 1–13.

Purbosari, H. B. (2019). Aplikasi Android Sebagai Pembantu Tugas Guru Di Kelas. Seminar Nasional Pendidikan (SENDIKA), 18.

Ramdan, M., Hamidah, I., & Purnawan, P. (2015). Penerapan pola pembelajaran berbasis multimedia terhadap peningkatan hasil belajar siswa smk pada materi katup pneumatik. 2(1), 83–90. https://doi.org/: https://doi.org/10.17509/jmee.v2i1.1157

Rusi Restiyani, Nengsi Juanengsih, Y. H. (2013). Profil Pemanfaattan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Media dan Sumber Pembelajaran Oleh Guru Biologi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Saefi, M., Lukiati, B., & Suarsini, E. (2017). Developing Android-Based Mobile Learning On Cell Structure And Functions Lesson Subject Topic To Optimize Grade XI Students’ Cognitive Comprehension. Jurnal Pendidikan Sains, 5(2), 57–63.

Sasmito, M. (2015). Pemanfaatan Media Sosial Facebook Untuk Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Mayasari. Metafora, 1(2), 184–198.

Setiadi, A. (2018). Pengembangan Aplikasi Android Untuk Pembelajaran Pneumatik. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika, I(1), 1–5.

Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Dinamika Pendidikan, 5(2), 117–133. https://doi.org/10.15294/dp.v5i2.4921

Shilpa, S., & Sunita, M. (2013). Impact of multimedia in early childhood education. Journal of Management and Science, 1(3), 430–435. https://doi.org/10.26524/jms.2013.47

Sri Mulyani, E. W. (2018). Dampak Pemanfaatan Aplikasi Android Dalam Pembelajaran Bangun Ruang. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 122–136. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p122--136

Studi, P., Informasi, S., Komputer, F. I., & Darma, U. B. (2009). Pengaruh Penggunaan Search Engine , E-Mail Dan Mailing List Terhadap Kualitas Informasi. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 1(3), 113–127.

Suharmanto, A. (Pendidikan kewarganegaraan dan hukum U., & Sunarso, S. (Pendidikan kewarganegaraan dan hukum U. (2017). Pemanfaatan Internet … ( Anang Suharmanto) | 24. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, 1(5), 24–41.

Sum, T. A. (2019). Kompetensi Guru Paud Dalam Pembelajaran Di Paud Di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 68–75.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Zakiya, & Nurhafizah. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 3(2), 356–365. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Zulhelmi, Z. ( U. S. K. B. A., Adlim, A. (Universitas S. K. B. A., & Mahidin, M. (Universitas S. K. B. A. (2017). Pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap peningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 72–80.


Article Metrics

 Abstract Views : 93 times
 PDF Downloaded : 34 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.