Model Pembelajaran Multikultural PAUD di Daerah Pesisir

Hadi Machmud(1), Nur Alim(2),


(1) Dosen IAIN Kendari Indonesia
(2) Dosen IAIN Kendari Indonesia
Corresponding Author

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di daerah pesisir memiliki perbedaan dengan PAUD di daratan, keberagaman tersebut membutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat memperekat kebersamaan dalam perbedaan, model pembeljaran yang menanamkan nilai-nilai dan norma dalam suatu proses pembelajaran. Artikel ini menawarkan suatu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini di pesisi kota Kendari. Model ini dapat memunculkan gagasan inovatif yang menuntut kreativitas guru dan otoritas sekolah yang tinggi yang terkait dalam membuat keputusan sendiri, perencanaan dan pelaksanaannya. Dibutuhkan suatu lompatan untuk dapat mengejar ketertinggalan akibat terabaikannya kearifan-kearifan lokal yang selama ini mengalami banyak kendala dalam proses pembelajaran di sekolah

Keywords


Model Pembelajaran; Multikultur; PAUD Pesisir

References


Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif pada Anak KB. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 20–26.

Ciolan, L. E. (2013). Play to Learn, Learn to Play. Creating Better Opportunities for Learning in Early Childhood. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 76, 186–189. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.096

Logvinova, O. K. (2016). Socio-pedagogical Approach to Multicultural Education at Preschool. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 233(May), 206–210. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.203

Mudjito, & dkk. (2012). Pembelajaran Inklusif. Jakarta: Baduose Media.

Mufarizuddin, M. (2017). Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika Anak melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 148–155.

Omar, N., Noh, M. A. C., Hamzah, M. I., & Majid, L. A. (2015). Multicultural Education Practice in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 1941–1948. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.859

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. Retrieved from https://doaj.org/article/6f9262cf9a5c40d294b499541530b518

Phonkhao, N., & (Laila), W. O. (2012). Social Structure and Early Childhood Learning Enhancement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 65(ICIBSoS), 225–231. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.115

Yusuf, M., & Wulan, A. R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pembelajaran Tipe Shared dan Webbed untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 19–26. https://doi.org/http://doi.org/10.21009/1


Full Text: PDF Full Text

Article Metrics

Abstract View : 38 times
PDF Full Text Download : 21 times

DOI: 10.31004/obsesi.v2i2.74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.