Abstract


Pandemi Covid 19, telah membawa dampak perubahan, salah satunya pada dunia pendidikan. Penyelenggaraan pendidikan di sekolah mengalami perubahan yang signifikan, perubahan tersebut menjadikan proses pendidikan dilakukan melalui dunia maya, yang menimbulkan berbagai keresahan, ketakutan dan kecemasan akan nasib pendidikan anak, khususnya di jenjang PAUD. Tujuan penelitian ini adalah mendeksripsikan bagaimana peranan kepala PAUD penyelenggaraan pendidikan PAUD sebelum dan pada masa pandemi Covid 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini melibatkan Kepala TK 112 Kepala TK di Kota Cimahi. Hasil penelitian menunjukan terjadi perbedaan orientasi peranan kepala PAUD dalam penyelenggaraan pendidikan sebelum dan saat terjadi pandemi Covid 19, peranan  Kepala PAUD sebagai edukator sebelum pandemi (84,58%) menjadi 73,04% saat pandemi, manager dari (70,95) menjadi (75,95%), administrator menjadi (72,38%) menjadi  (78,33%), supervisor dari (76,61%) menjadi (71,015), dimensi leader dari (71,19%) menjadi (68,01%), sementara peranan sebagai inovator (68,63) menjadi  (74, 76%), dan peranan motivator (73,33%) menjadi (74,76%).


Keywords


kepala paud; penyelenggaraan pendidikan ; pandemi covid 19