Literasi Al-Quran Untuk Anak Usia Dini dengan Teknik Bercerita

Dewi Mulyani(1), Imam Pamungkas(2), Dinar Nur Inten(3),


(1) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan - Universitas Islam Bandung (UNISBA)
(2) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan - Universitas Islam Bandung (UNISBA)
(3) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan - Universitas Islam Bandung (UNISBA)
Corresponding Author

Abstract


Anak-anak muslim merupakan bagian dari kaum muslimin. Mereka adalah penerus dan penyambung dakwah kaum muslimin. Sudah menjadi kewajiban bagi orangtua dan guru untuk membekalinya dengan kemampuan membaca, menulis dan memahami Al-Quran sebagai pedoman hidup kaum muslimin. Dengan literasi Al-Quran sejak dini, diharapkan generasi muslimin memahami dan melek pedoman hidupnya. Namun demikian, anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Guru anak usia dini harus memilih teknik yang tepat bagi anak usia dini. Anak-anak menyukai suasanya bermain, menyenangkan, dan terbebas dari tekanan. Dalam hal ini ditawarkan salah satu teknik yang disukai oleh anak usia dini, yaitu teknik bercerita. Metode penelitian ini deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Sehingga dengan metode ini dapat menghasilkan gambaran yang lebih jelas mengenai strategi literasi Al-Quran untuk anak usia dini. Dalam operasional penelitian, peneliti melakukan wawancara,  pengamatan dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan 75% anak kelompok A menyenangi dan dapat mengikuti pembelajaran literasi Al-Quran dengan teknik bercerita dan pada anak kelompok B 41,6%.  Dengan demikian literasi Al-Quran melalui teknik bercerita menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermakna

Keywords


Literasi Al-Quran; Anak Usia Dini; Teknik Bercerita

References


Aminudin, A. (2005). Pendidkan Kaum Perempuan. Jakarta: Jurnal Perempuan.

Andalusia, N., & Dkk. (2017). Literasi Dini denga Teknik Bercerita. Journal Family Edu, 3(1).

Anwar, R. (2014). Cara Mudah Memahami Bahasa AL-Quran. Bandung: Mizan.

Apriza, A. (2017). Pengaruh Biblioterapi Dengan Buku Cerita Bergambar Terhadap Tingkat Kecemasan Efek Hospitalisasi pada Anak Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 148–155.

Astuti, T. (2012). Gambaran Perkembangan Literasi Emergen Anak Taman Kank-Kanak dengan Alat Ukur Adaptasi Geat Ready To Read. Semarang: Universitas Diponogoro.

Bunanta, M. (2008). Mendongeng dan Minat Membaca. Jakarta: KPBA.

Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Permendiknas 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Fauziddin, M. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita Di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Musfiroh. (2005). Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiarawacana.

Papalia, D. E., & Olds, S. W. (2002). A Child’s World, Infancy though Adolescence, Ninth Edition. Boston: McGraw-Hill.

Putri, P. (2017). Analisis Kemampuan Bahasa Dan Kemampuan Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Dongeng. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).

Sholehudin, K. (1997). Dasar Pendidikan Anak Prasekolah. Bandung: IKIP.

Sühendan, E. (2013). Using Total Physical Response Method in Early Childhood Foreign Language Teaching Environments. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93, 1766–1768. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.113

Sulaeman, D. (2007). Doktor Cilik Hafal dan Faham Al-Quran. Jakarta: Imam.

Sulaiman, A. A. A. (2000). Metode Pendidikan Anak Muslim Usia Pra Sekolah. Jakarta: Darul Haq.

Tandayu, T. (2001). Memaknai Cerita Mengasah Jiwa (Panduan Menanamkan Nilai Moral pada Anak Melalui Cerita). Solo: Intermedia.

Thalib, M. (1995). 40 Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Anak. Bandung: Irsyad Baitus Salam.

Yusuf, S. (2004). Psikologi Belajar Agama. Pustaka Bani Quraisy: Pustaka Bani Quraisy.


Full Text: PDF Full Text

Article Metrics

Abstract View : 15 times
PDF Full Text Download : 13 times

DOI: 10.31004/obsesi.v2i2.72

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.