Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19

Anita Wardani(1Mail), Yulia Ayriza(2),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Anita - Wardani

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Download Full Text:   [File Size  : 678KB]  Language : ID
Received : 2020-08-05  |  Published : 2020-08-22

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui kendala- kendala apa saja yang dialami oleh orang tua selama mendampingi anak belajar dirumah pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus melalui wawancara dengan analisis tematik pada 12 orang tua dengan anak yang sedang bersekolah di taman kanak-kanak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kendala- kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid- 19 adalah kurangnya pemahaman materi oleh orang tua, kesulitan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak, tidak memiliki cukup waktu untuk mendampingi anak karena harus bekerja, orang tua tidak sabar dalam mendampingi anak saat belajar dirumah, kesulitan orang tua dalam mengoperasikan gadget, dan kendala terkait jangkauan layanan internet. Penelitian ini diharapkan mampu menggali kendala- kendala orang tua dalam mendampingi anak ketika belajar dirumah sehingga penelitian ini mampu berkontribusi terhadap penelitian selanjutnya dalam menggali solusi untuk masalah- masalah tersebut


Keywords


kendala orang tua; anak, belajar dirumah; masa pandemi

References


Albertus, A. (2020, 07 22). edukasi.kompas.com. Diambil kembali dari https://edukasi.kompas.com/read/2020/07/22/090351771/ini-kendala-orangtua-dampingi-anak-paud-belajar-di-rumah?page=all#page2

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi , Vol. 04 No. 1, Juni 2020, Hal. 152-159.

Euis, K., Alfeani , D. K., & Andriani , F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 354-365 DOI: 10.31004/OBSESI.V51I.54.

Fajriani, R. N. (2020, 08 08-08-2020). Diambil kembali dari www.pikiran-rakyat.com: https://www.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-01649717/update-virus-corona-di-dunia-4-agustus-2020-catat-lebih-dari-18-juta-kasus-positif-covid-19?page=3

Heriyanto, H. (2018). Thematic Aanalysis sebagai Metode Menganalisa Data Untuk Penelitian Kualitatif. Anuva, https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324.

Herliandry, L., Nurhasanah, Maria, E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Mas pandemi Covid 19. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.22 No. 1 DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286.

Hurlock, E. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Irhamna. (2016). Analisis Kendala yang Dihadapi Orang Tua dalam Menanamkan Akhlak dan Kedisiplinan Belajar Siswa Madrasah Darussalam Kota Bengkulu. Pembelajaran Alquran Hadis di Man Pagar Alam, 57-65.

Iriani, D. (2014). 101 Kesalahan Dalam Mendidik Anak. Jakarta : PT Elex Media Komputindo .

Irma, C., Nisa, K., & Sururiyah, S. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ddi TK Masyitoh Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, doi: https://doi.org/10.31004/obsesi.v31i.152.

Jones, K., & Sharma, R. (2019). Imagining A Future For Online Learning. New York.

Karnawati, & Mardiharto. (2020). Sekolah Minggu Masa Pandemi Covid-19: Kendala, Solusi, Proyeksi. Jurnal STT Simpson, 13-24 doi: 10.46445/djce.vlil.291.

Khasanah, Pramudibyo, & Widuroyekti. (2020). Pendidikan Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48.

Lee, A. (2020). Wuhan Novel Corona Virus (Covid-19): Why Global Control is Challenging? Public Health, 179, A1-A2. DOI: 10.1016/J.PUHE.2020.02.001.

Lestari, A., & Gunawan. (2020). The Impact of Covid-19 Pandemic on Learning Implementation of Primary and Secondary School Levels. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, Vol. 1 No. 2 58-63.

Master, A., & Walton, M. G. (2012). Minimal Groups Increase Young Children's Motivation and Learning on Group‐Relevant Tasks. Wiley Online Library, https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2012.01867.x.

Muhdi, & Nurkolis. (2020). Keekfektivan Kebijaan E- Learning Berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pndemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.535.

Nawawi, H. (2003). Manajemen SDM Untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nofita, A. (2013). Hambatan – Hambatan Warga Belajar Dalam Proses Pembelajaran Program Paket C Di Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Program Sutdi Luar Sekolah.

Obiakor, T., & Adeniran, A. (2020). Covid-19 : Impending Situation Threatens To Deepen Nigeria ’ S Education Crisis. Center For The Study Of The Economies Of Africa.

Palusci, S., & Doom, J. (2020). Stress and Parenting during the Global COVID-19 Pandemic. PsyArXiv Preprints, 1-41. DOI :10.31234/osf.io/ucezm.

Prabhawani, S. (2016). Pelibatan Orang Tua Dalam Program Sekolah. FKIP UNY, 1-202.

Putra, R., & Irwansyah, I. (2020). Media Komunikasi Digital, Efektif namun Tidak Efisien, Studi Media Richness Theory dalam Pembelajran Jarak Jauh Berbasis Teknologi di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 1(2), 1-13.

Rahminur, D. (2015). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak . Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, Vol.2, No.1.

Rahmita, M., Yulianingsih , I., Tarihoran, T., & Bahfen, M. (2020). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi " Dirumah Saja". Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 476-489 DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.548.

Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika Yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa Pandemi. Qawwam: Journal For Gender Mainstreaming, Vol. 14, hal. 29-50, doi: 10.20414/Qawwam.v14i1.2310.

Sari, Mutmainah, R. N., Yulianingsih, I., & Astari, T. (2020). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 476-489 doi: 10.31004/obsesi.v5i1.548.

Satrianingrum, A., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pndemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 633-640 doi: 10..31004/obsesi.v5i1.574.

Subarto. (2020). Momentum Keluarga Mengembangkan Kemampuan Belajar Peserta Didik Di Tengah Wabah Pandemi Covid-19 . Universitas Pamulang, DOI: 10.15408/41i.15838.

Sun, L., Tang, Y., & Zuo, w. (2020). Corona Virus Pushes Education Online. Nature Materials, 687-687. Doi: https://doi.org/10.1038/s41563-202-0678-8.

Tabiin. (2020). Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Ditengah Pandemi. Jurnal Golden Age, Vol. 04 No. 1 Hal 190-200 E-ISSN: 2549-7367.

W, Y., Wang, Y., & Wang, C. (2020). Suspending Classes Without Stopping Learning : China ’ s Education Emergency Management Policy in the Covid-19 Outbreak. Risk and Financial Management, 13(55), 1–6. https://doi.org/doi:10.3390/jrfm13030055.

Wang, Q., Zhu, Q., Chen , L., & Yan , H. (2009). E‐learning in China . Campus-Wide Information Systems, 26, n.2. https://doi.org/10.1108/10650740910946783.

Yin, R. (2003). Case Study Research : Design and Method. Open Journal of Social Sciences, 68-90.


Article Metrics

 Abstract Views : 2256 times
 PDF Downloaded : 1808 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.