- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Kebutuhan Pengembangan Media STEM Berbasis AR untuk Materi Struktur Bumi Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7021Keywords:
Analisis kebutuhan, Augmented Reality, pembelajaran STEM SDAbstract
Penelitian ini menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran STEM berbasis Augmented Reality (AR) untuk materi struktur bumi di SD. Metode menggunakan pendekatan Design-Based Research (DBR) dengan tahap analisis kebutuhan melalui studi dokumentasi, observasi kelas, dan wawancara dengan guru serta siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif berdasarkan temuan lapangan dan kajian literatur. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) konsep struktur bumi bersifat dominan abstrak sehingga membutuhkan visualisasi AR untuk meningkatkan pemahaman siswa; (2) guru dan siswa memerlukan media pembelajaran interaktif yang mudah digunakan dan sesuai dengan keterbatasan fasilitas sekolah. Temuan ini menjadi dasar pengembangan media STEM-AR yang mengintegrasikan kedalaman konsep ilmiah dengan kondisi nyata di SD. Penelitian memberikan kontribusi berupa pengembangan media inovatif yang adaptif terhadap kebutuhan kurikulum dan konteks pembelajaran dasar, khususnya untuk materi sains yang bersifat abstrak.
Downloads
References
Adiputra, D. K. (2025). Transformasi Pembelajaran Abad 21 (K. Khatima, Ed.). Goresan Pena.
Arce, C. L., Cabuyaban, J. J., Gaces, S. K., & Pagtaconan, W. C. (2018). ARSci: A 3D Augmented Reality-Based Learning Tool in Earth Science. https://doi.org/10.56278/apherj.v5i1.866
Ariyanti, Y. (2020). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 14(1). https://doi.org/10.31942/akses.v14i1.3265
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665
Azuma, R. T. (1997). A Survey of Augmented Reality. Dalam Presence: Teleoperators and Virtual Environments (Vol. 6). http://www.cs.unc.edu/~azumaW:
Belva Saskia Permana, Lutvia Ainun Hazizah, & Yusuf Tri Herlambang. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702
Bybee, R. W. (2013). The Case for STEM Education Challenges and Opportunities. www.nsta.org/permissions.
Faria, A. (2024). Augmented reality and teaching strategies in the study of volcanism in elementary and secondary schools. Journal of New Approaches in Educational Research, 13(1). https://doi.org/10.1007/s44322-024-00018-5
Fitriyeni, F. (2023). Pengembangan LKPD Digital Berbasis Etnosains Melayu Riau pada Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 441–451. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4399
Hermanto, Bariroh, W., Muzakki, M. A., & Hendi Ade. (2024). Teknologi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Geografi Struktur Lapisan Bumi. Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual, 2541–4585. https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v9i2.1458
Hermawan, A., & Hadi, S. (2024). Realitas Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 328–340. https://doi.org/10.29407/jsp.v7i1.694
Ibáñez, M. B., & Delgado-Kloos, C. (2018). Augmented reality for STEM learning: A systematic review. Computers and Education, 123, 109–123. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.05.002
Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682
Imawati, Y., & Chamidah, A. N. (2018). Efektivitas media berbasis augmented reality terhadap kemampuan anak tunarungu mengenal kebudayaan Yogyakarta (Vol. 14, Nomor 1). https://doi.org/10.21831/jpk.v14i1.25164
Kamila, U. S., & Sukartono. (2023). Penerapan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran IPAS Materi Ayo Berkenalan Dengan Bumi Kita Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 2 Kalirejo. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1872–1882. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7610
Komariah, M., As’ary, M. Y., Hanum, C. B., & Maftuh, B. (2023). IPAS Implementation in Elementary Schools: How Teachers Build Student Understanding. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(3), 1399–1412. https://doi.org/10.51276/edu.v4i3.533
Kusyana, K., Muzfirah, S., & Haryadi, R. N. (2024). Efektivitas dan Kendala Penggunaan Media Digital Dalam Pengajaran Bahasa. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(1), 92–102. https://doi.org/10.23969/wistara.v5i1.13954
Lidinillah, D. A. M., Mulyana, E. H., Karlimah, K., & Hamdu, G. (2019). Integration of STEM learning into the elementary curriculum in Indonesia: An analysis and exploration. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012053
Nengsih, S., Dwi Haryanti Devi Afriyuni Yonanda Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Y., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Majalengka Jl Raya H Abdul Halim No, U. K., Kulon, M., Majalengka, K., Majalengka, K., Barat, J., & korespondensi, P. (2024). Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran untuk Memahami Sistem Pencernaan Manusia pada Tingkat Sekolah Dasar. 33(01), 49–58. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd
Nugraha, M. U., Apriliya, S., Nursofa, R., Dinaryanti, D., Purnamawati, E., & Rahmi, H. A. (2024). How are Critical Thinking Skills On Indonesian Language Learning on AKM Literacy Based? © 2024-Indonesian Journal of Primary Education, 8(2), 139–148. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijpe.v8i2.70258
Nurhuda, T., Purnami, I. A. P., Wisnu, I. W. G., & Joniarta, I. M. (2025). Digitalisasi Budaya Bali: Media Ar Sebagai Bentuk Revitalisasi Aksara Bali. Social?: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 4(4), 583–591. https://doi.org/10.51878/social.v4i4.4094
Nurwidiyanti, A., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6949–6959. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3421
OECD. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.
Purwasila, G. E. J., Pujani, N. M., & Sujanem, R. (2024). Model Pembelajaran Flipped Clasroom Berbasis STEM Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Siswa. Dalam Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia (Vol. 14, Nomor 1). https://doi.org/10.23887/jppii.v14i1%60.75279
Qorimah, E. N., & Sutama, S. (2022). Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Basicedu, 6(2), 2055–2060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2348
Rahmawati, N. (2020). Analisis Kebutuhan Media Dan Bahan Ajar Berbasis Augmented Reality Dalam Pembelajaran Ipa Pendekatan STEAM Keterampilan Abad 21 Guru Sekolah Dasar. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Riniwanti, R., Nursalam, N., & Arifin, J. (2024). Pengembangan Media Audio Visual Interaktif Berbasis Kinemaster dalam Pembelajaran IPS pada Peserta Didik Kelas V UPTD SDN 14 Samanggi Kabupaten Maros. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 263–277. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.477
Saputri, D. S. C. (2017). Penggunaan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata dan Hasil Belajar. JUTISI, 6, 1357–1366. http://dx.doi.org/10.35889/jutisi.v6i1.230
Setiawan, R., Hakim, A., & Zulkarnaen, Z. (2022). Analisis Hasil Validitas Bahan Ajar Fisika Materi Perubahan Iklim Berbasis Web. Jambura Physics Journal, 4(2), 101–112. https://doi.org/10.34312/jpj.v4i2.16366
Setyawan, J., Roshayanti, F., & Novita, M. (2023). Model pembelajaran RADEC berbasis STEAM pada materi sistem koloid mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1), 18–26. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v2i1.29
Sirakaya, M., & Cakmak, E. K. (2018). The effect of augmented reality use on achievement, misconception and course engagement. Contemporary Educational Technology, 9(3), 297–314. https://doi.org/10.30935/cet.444119
Wahyuni, E., & Fitria, Y. (2023). Media Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pembelajaran Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8615
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eneng Darlianti, Ghullam Hamdu, Karlimah Karlimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: