
Author
Rahmadini Rahmadini(1

Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)
Universitas Negeri Padang, Indonesia(3)
Universitas Negeri Padang, Indonesia(4)

Published : 2025-03-07
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 0 times
PDF Downloaded: 0 times
Abstract
Kemandirian merupakan aspek fundamental dalam perkembangan anak usia dini yang dapat didorong melalui metode pembelajaran berbasis pengalaman. Salah satu metode yang terbukti efektif adalah cooking class, yang memberikan pengalaman langsung dalam menyelesaikan tugas secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh cooking class terhadap peningkatan kemandirian anak serta mengukur efektivitasnya dibandingkan metode pembelajaran konvensional. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen, melibatkan 30 anak kelompok B di TK Ikal Iqra’ DWP Perum Bulog Padang, yang terbagi menjadi kelompok eksperimen (B1) dan kelompok kontrol (B2). Data dikumpulkan melalui format checklist sebelum dan sesudah perlakuan, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas Bartlett, serta uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemandirian anak setelah mengikuti cooking class. Analisis effect size menunjukkan nilai Cohen’s d sebesar 1,25, yang mengindikasikan dampak besar dari intervensi ini terhadap kemandirian anak. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa cooking class dapat diterapkan sebagai strategi pembelajaran efektif dalam pendidikan anak usia dini untuk mengembangkan keterampilan kemandirian, sosial, kognitif, dan motorik anak. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan pada jumlah sampel yang relatif kecil dan durasi intervensi yang terbatas, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut dengan sampel yang lebih luas dan periode pengamatan yang lebih panjang guna mengonfirmasi temuan ini.
Keywords
References
Adom, D., Sharma, E., Sharma, S., & Agyei, I. K. (2021). Teaching Strategies, School Environment, and Culture: Drivers of Creative Pedagogy in Ghanaian Schools. Studies in Learning and Teaching, 2(2), 12–25. https://doi.org/10.46627/silet.v2i2.68
Aghdasi, M. T., Fathirezaie, Z., & Abbaspour, K. (2021). The Effect of Environmental Contexts from Ecological Perspective on Motor Development and Creativity of Children. The Journal of New Thoughts on Education, 17(2), 237–260. https://doi.org/10.22051/jontoe.2021.31695.3063
Aini Qolbiyah, Sonzarni, & Muhammad Aulia Ismail. (2022). Implementation of the Independent Learning Curriculum At the Driving School. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 01–06. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i1.1
Ariyanti, T. (2017). Pentingnya pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak the importance of childhood education for child development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, вы12у(235), 245. II.pdfhttp://digilib.unila.ac.id/4949/15/BAB
Budiarti, E. (2021). Fun Cooking to Increase Early Childhood Learning Motivation During Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 5th International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2020), 538(Icece 2020), 10–13. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210322.003
Daviq, C. (2019). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 1, Oktober 2019. Paud Lectura, 3(2), 1–9. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/68
Denham, C. (2018). Teaching about controversial issues in Food Studies 12: a self-study action research project. 1–23.
Dr. Meriyati, M. P. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. In Syria Studies (Vol. 7, Issue 1). Fakta Press lAIN Raden lntan Lampung Jl. Letkol H. Endro Suratmin Kampus Sukarame.
Garmarini, I., Mustaji, & Jannah, M. (2021). Pengaruh Cooking class Terhadap Kemampuan Motorik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 276–288. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.349
Ghazali, A., & Omar, S. (2005). Readings in the concept and methodology of Islamic economics.
Gultom, S., & Oktaviani, L. (2022). the Correlation Between Students’ Self-Esteem and Their English Proficiency Test Result. Journal of English Language Teaching and Learning, 3(2), 52–57. https://doi.org/10.33365/jeltl.v3i2.2211
Habibi, M. A. M., Nurhasanah, N., Rachmayani, I., & Sulistian, S. (2021). Mengembangkan Fun Cooking Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Kabupaten Lombok Tengah: Studi Kasus. Jurnal Mutiara Pendidikan, 1(2), 74–83. https://doi.org/10.29303/jmp.v1i2.2903
Hasan, B., Thompson, W. G., Almasri, J., Wang, Z., Lakis, S., Prokop, L. J., Hensrud, D. D., Frie, K. S., Wirtz, M. J., Murad, A. L., Ewoldt, J. S., & Murad, M. H. (2019). The effect of culinary interventions (cooking classes) on dietary intake and behavioral change: A systematic review and evidence map. BMC Nutrition, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s40795-019-0293-8
Herminastiti, R. (2019). Peran Kegiatan Fun cooking dan Country Project dalam Kemampuan Matematika Awal dan Berpikir Kritis Anak Usia Dini. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 6. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i1.6993
Hersch, D., Perdue, L., Ambroz, T., & Boucher, J. L. (2014). The impact of cooking classes on food-related preferences, attitudes, and behaviors of school-aged children: A systematic review of the evidence, 2003-2014. Preventing Chronic Disease, 11(11), 1–10. https://doi.org/10.5888/pcd11.140267
Hsb, Q., Wahyuni, S., & Hasibuan, F. H. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Cooking class dalam Mengembangkan Sikap Kemandirian Anak Usia Dini di RA Zu Tsaqif. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 219–230.
Jenshak-gorzinski, C. A. (2022). Nmu Commons Evaluation Of A Hands-On Cooking Class And Its Effects On Self-Efficacy In Relation To Healthy Eating In Type 2 Diabetics By Submitted To.
Karmila, R., Khosiah, S., & Fahmi, F. (2020). Pengaruh rutinitas di rumah terhadap kemandirian anak. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(1), 20. https://doi.org/10.32832/jpls.v14i1.3348
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Perdana Publishing
Komala. (2015). Mengenal dan Mengembangkan kemandirian anak usia dini melalui pola asuh orang tua dan guru. Tunas Siliwangi, 1(1), 31–45. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/90
Lisenbee, P. S., & Ford, C. M. (2018). Engaging Students in Traditional and Digital Storytelling to Make Connections Between Pedagogy and Children’s Experiences. Early Childhood Education Journal, 46(1), 129–139. https://doi.org/10.1007/s10643-017-0846-x
Mirawati, M., Anggarasari, N. H., & Nurkamilah, M. (2018). Fun Cooking: Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i1.230
Moersintowarti. (2002). Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. CV Sagung Seto.
Mujapar, A., Barlian, U. C., & Soro, S. H. (2022). Manajemen Parenting dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.661
Murphy, C., Smith, G., & Broderick, N. (2021). A Starting Point: Provide Children Opportunities to Engage with Scientific Inquiry and Nature of Science. Research in Science Education, 51(6), 1759–1793. https://doi.org/10.1007/s11165-019-9825-0
Naini, R., Mulawarman, M., & Wibowo, M. E. (2021). Online group counseling with mindfulness-based cognitive and solution-focused approach for enhancing students’ humility. International. International Journal of Information and Education Technology, 11(11), 561-566.
Norma Gita, T., Dhieni, N., & Wulan, S. (2022). Kemandirian Anak Usia Usia 5-6 Tahun dengan Ibunya yang Bekerja Paruh Waktu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2735–2744. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1032
Nuraeni, S., & Yuniarti, T. E. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Fun Cooking. Seminar Nasional PG PAUD Untirta.
Nurhayati, S., Pratama, M. M., & Wahyuni, I. W. (2020). Perkembangan Interaksi sosial Dalam meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Congklak Pada Anak usia 5-6 tahun. Jurnal Buah Hati, 7(2), 125–137.
Pereira, D., Bozzato, A., Dario, P., & Ciuti, G. (2022). Towards Foodservice Robotics: a taxonomy of actions of foodservice workers and a critical review of supportive technology. IEEE Transactions on Automation Science and Engineering, 19(3), 1820-1858.
Piaget, J., & Cook, M. (1952). The origins of intelligence in children. International universities press.
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Pradinda, R., & Santana, F. D. T. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Usia Dini Melalui Media Audio Visual. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif, 3(5), 411–417. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i5.p%25p
Qisthina Hsb, Sri Wahyuni, & Fakih Hakim Hasibuan. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Cooking class dalam Mengembangkan Sikap Kemandirian Anak Usia Dini di RA Zu Tsaqif. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(3), 194–207. Rakimahwati, R. (2014). Character Development through Dance Learning in an Early Childhood Setting. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 3(2), 102–107.
Rakimahwati, R., & Roza, D. (2020). Developing of Interactive Game Based on Role Play Game to Improve the Reading Abilities. Journal of Nonformal Education, 6(2), 193–201. https://doi.org/10.15294/jne.v6i2.25574
Regina, S., Ananda, P., & Herwanto, H. W. (2025). Integrasi E-Modul Pembelajaran Pemrograman Dasar Berbasis Project-Based Learning Dengan Cai Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Smk. 3(2). https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p391-402
Riswantini, D., Nugraheni, E., Arisal, A., Khotimah, P. H., Munandar, D., & Suwarningsih, W. (2021). Big data research in fighting COVID-19: Contributions and techniques. Big Data and Cognitive Computing, 5(3). https://doi.org/10.3390/bdcc5030030
Rizkyani, F., Adriany, V., & Syaodih, E. (2020). Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru Dan Orang Tua. Edukid, 16(2), 121–129. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19805
Rusmayadi, R., & Herman, H. (2019). Effects of Social Skills on Early Childhood Independence. Journal of Educational Science and Technology (EST), 5(2), 159–165. https://doi.org/10.26858/est.v5i2.9274
Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453
Sari, D. D. P., & Rohman, A. (2021). Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Kemandirian Anak Kelompok A Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1070–1079. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1685
Sari, N. Y. (2018). Bermain Fun cooking Dalam Mingkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Bina Bakti Way Puji Kecamatan Rawajitu Utara Kabupaten Mesuji (Vol. 3, Issue 2).
Smith, V. V., Bizyaev, D., Cunha, K., Shetrone, M. D., Souto, D., Allende Prieto, C., Masseron, T., Mészáros, S., Jönsson, H., Hasselquist, S., Osorio, Y., García-Hernández, D. A., Plez, B., Beaton, R. L., Holtzman, J., Majewski, S. R., Stringfellow, G. S., & Sobeck, J. (2021). The APOGEE Data Release 16 Spectral Line List. The Astronomical Journal, 161(6), 254. https://doi.org/10.3847/1538-3881/abefdc
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
Sumiyana, S., Fajri, F. A., Saputra, M. A., & Hadi, C. (2022). Enhancing cognitive combat readiness: Gamers’ Behaviours concentrating on convergent learning style, tacit-latent, and kinetic-active knowledge acquisitions. Frontiers in Education, 7(November), 1–13. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.1062922
Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Prenada Media.
Taverna, L., Bellavere, M., Tremolada, M., Santinelli, L., Rudelli, N., Mainardi, M., Onder, G., Putti, M. C., Biffi, A., & Tosetto, B. (2021). Oncological children and well-being: Occupational performance and hrqol change after fine motor skills stimulation activities. Pediatric Reports, 13(3), 383–400. https://doi.org/10.3390/PEDIATRIC13030046
Utami, T. W. P., Nasirun, M., & Ardina, M. (2019). Studi Deskriptif Kemandirian Anak Kelompok B di PAUD Segugus Lavender. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 151–160. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.151-160
Vaughan, K. L., Cade, J. E., Hetherington, M. M., Webster, J., & Evans, C. E. L. (2024). The impact of school-based cooking classes on vegetable intake, cooking skills and food literacy of children aged 4–12 years: A systematic review of the evidence 2001–2021. Appetite, 195(November 2023), 107238. https://doi.org/10.1016/j.appet.2024.107238
Widians, J. A., & Rizkyani, F. N. (2020). Identifikasi Hama Kelapa Sawit menggunakan Metode Certainty Factor. ILKOM Jurnal Ilmiah, 12(1), 58–63. https://doi.org/10.33096/ilkom.v12i1.526.58-63
Yaswinda, Y., Putri, D. M. E., & Irsakinah, I. (2023). Pembelajaran Sains Berbasis Pemanfaatan Lingkungan untuk Peningkatan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 94–103. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2842
Yessi Fenriana, A. M. (2020). Tumbuh kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Jurnal PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD Jurnal PG PAUD FKIP Universitas Sriwijaya, 7(November), 97–105.
Refbacks
- There are currently no refbacks.