- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Kepercayaan Diri Mahasiswa PG-PAUD Universitas Cenderawasih dalam Praktik UAS dengan Metode Seni Drama Kolaborasi
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i1.6817Keywords:
kepercayaan diri, mahasiswa, metode, seni drama kolaborasi.Abstract
Kepercayaan diri pada mahasiswa sangat urgen karena menjadi faktor penentu dalam performa akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kepercayaan diri mahasiswa PG-PAUD Universitas Cenderawasih dengan indikator kemampuan bertindak mandiri, persepsi diri yang positif dan berani mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan. Penelitian menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung dan kuesioner. Subyek dalam  penelitian ini adalah  37 mahasiswa semester II PG-PAUD Universitas Cenderawasih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 37 atau 100% mahasiswa, mahasiswa yang sangat percaya diri adalah 6 atau 16,22%, 26 atau 70,27% percaya diri, 4 atau 10,81% kurang percaya diri dan 1 atau 2,70% tidak percaya diri. Melalui kuesioner dan pengamatan langsung selama praktik UAS berbasis metode seni drama kolaboratif, diamati bahwa hampir semua mahasiswa sangat percaya diri dengan bertindak mandiri, memiliki persepsi diri yang positif dan berani mengungkapkan pertanyaan dan menjawab pertanyaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kepercayaan mahasiswa semester II PG-PAUD Universitas Cenderawasih tergolong baik.
Downloads
References
Alawiyah, D., Nurasmi, N., Asmila, N., & Fatasyah, R. (2022). Upaya meningkatkan kepercayaan diri terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa. RETORIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Penyiaran Islam, 4(2), 104–113. https://doi.org/10.47435/retorika.v4i2.1201
Andriani, D., & Aripin, U. (2019). Analisis kemampuan koneksi matematik dan kepercayaan diri siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), 25–32. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i1.p25-32
Budianti, Y., & Permata, T. (2017). Upaya meningkatkan keterampilan berbicara dan percaya diri siswa melalui metode bermain peran (role playing) pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Buni Bakti 03 Babelan Bekasi. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 44–56. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v5i2.448
Fahreza, N., & Christin, M. (2020). Theater sebagai media untuk mengasah kemampuan public speaking pada mahasiswa di Bandung. Journal GEEJ, 7(2), 5175–5184. https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/159711
Fardani, Z., Surya, E., & Mulyono. (2021). Pembelajaran matematika melalui model problem based learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 39–51. https://www.neliti.com/publications/519074
Hadiyati, H., & Fatkhurahman, F. (2021). Dampak kepercayaan diri mahasiswa berwirausaha melalui lingkungan keluarga dan kemandirian. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 5(1), 77–84. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i1.213
Hapasari, A., & Primastuti, E. (2014). Kepercayaan diri mahasiswi Papua ditinjau dari dukungan teman sebaya. Psikodimensia, 13(1), 60–72. https://doi.org/10.24167/psiko.v13i1.278
Komarraju, M., & Nadler, D. (2013). Self-efficacy and academic achievement: Why do implicit beliefs, goals, and effort regulation matter? Learning and Individual Differences, 25, 67–72. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2013.01.005
Krisphianti, Y. D., Setyaputri, N. Y., & Gumilang, G. S. (2020). Validitas dan reliabilitas skala psikologis percaya diri untuk mengukur tingkat percaya diri siswa SMK Kota Kediri. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 57–65. https://repository.unpkediri.ac.id/3747
Noorsetya, S. E., Zuhdi, Z. A., Narifti, F. R., & Trizahira, Y. (2024). Pengaruh kolaborasi pagelaran kesenian musik dan tari sebagai bentuk mengasah kreativitas bagi mahasiswa Sendratasik UNNES. Jurnal Kultur, 3(2), 176–188. https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/kultur/article/view/858/627
Novita, L., & Sumiarsih, S. (2021). Pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 92–96. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i2.3608
Novriadi, F., Mayar, F., & Desyandri, D. (2023). Memperkenalkan drama musikal untuk membangun kreativitas dan kepercayaan diri di sekolah dasar. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 5757–5768. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1009/771
Rais, M. R. (2022a). Kepercayaan diri (self confidence) dan perkembangannya pada remaja. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 12(1), 40–47. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935
Rais, M. R. (2022b). Kepercayaan diri (self confidence) dan perkembangannya pada remaja. AL-IRSYAD, 12(1), 40–47. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935
Rajab, S. (2022). Pengaruh kepercayaan diri mahasiswa terhadap dorongan berwirausaha. Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(2), 213–218. https://doi.org/10.35446/bisniskompetif.v1i2.1109
Selwen, P., Lisniasari, L., & Rahena, S. (2021). Pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan public speaking mahasiswa. Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer, 3(2), 63–69. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v3i2.46
Sianipar, V. M. B., Sitorus, P. J., & Hutabarat, S. (2024). Hubungan kepercayaan diri terhadap pementasan drama. Jurnal Darma Agung, 32(2), 792–801. https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4266/3758
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Supriyanto. (2016). Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler percaya diri dan literasi ekonomi terhadap minat berwirausaha siswa SMPN di Surabaya. Advanced Sampling Theory with Applications, 4(2), 71–136. https://doi.org/10.1007/978-94-007-0789-4_2
Syam, A. (2017). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar mahasiswa (Studi kasus di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare). Jurnal Biotek, 5(1), 87–102. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/3448
Tamelab, P., Ngongo, M. H. L., & Oetpah, D. (2021). Meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam kemampuan public speaking di Sekolah Tinggi Pastoral Keuskupan Agung Kupang. Jurnal Selidik, 2(1), 54–63. https://doi.org/10.61717/sl.v2i1.38
Widoyoko, R. D. T. (2019). Faktor percaya diri dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Prakerta: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran Bahasa Indonesia. https://core.ac.uk/download/pdf/267087156.pdf