- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Muatan Konten pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas 1 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i1.6794Keywords:
Buku Teks Bahasa Indonesia, Membaca Permulaan, Menulis Permulaan, Kelas I SD, Kurikulum MerdekaAbstract
Pendidikan merupakan hak dasar setiap warga negara dan menjadi pilar utama dalam membangun kemajuan bangsa. Penelitian ini bertujuan menganalisis kandungan materi membaca dan menulis permulaan serta kelebihan dan kekurangan buku teks Bahasa Indonesia Aku Bisa! untuk Kelas I Kurikulum Merdeka. Penelitian menggunakan Metode Analisis Konten melalui empat tahap: pengorganisasian data, pengkodean, interpretasi, dan penyusunan temuan, dengan teknik pengumpulan data berupa simak-catat serta triangulasi untuk validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi membaca permulaan sebagian besar sudah sesuai dengan CP, TP, dan ATP Bahasa Indonesia fase A. Adapun kekurangan penelitian ini terdapat pada beberapa bab, seperti latihan melafalkan kalimat sederhana dan membaca lancar. Kelebihan buku ini meliputi penggunaan bahasa yang lugas, interaktif, dan sesuai kaidah, serta memotivasi peserta didik. Kekurangannya adalah ketergantungan pada tautan internet untuk latihan membaca dan tidak adanya panduan menulis di udara.
Downloads
References
Achmad, W. K. S., & Utami, U. (2023). Sense-making of Digital Literacy for Future Education Era: A Literature Review. Jurnal Prima Edukasia, 11(1), 47–53. https://doi.org/10.21831/jpe.v11i1.52911
Agatha Kristi Pramudika Sari, & Shinta Shintiana. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang dihadapi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Lensa Pendas, 8(2), 113–122. https://doi.org/10.33222/jlp.v8i2.2818
Amaliyah, N., Supriansyah, S., Pramudiani, P., Ahbub S, M. M., Prawito, D. P., & Khoirunnisa, L. (2023). Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Merdeka Belajar. Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 19–28. https://doi.org/10.51622/pengabdian.v4i2.1335
Ambarwati, D., Herwin, H., & Dahalan, S. C. (2022). How elementary school teachers assess students’ psychomotor during distance learning? Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 58–65. https://doi.org/10.21831/jpe.v10i1.45040
Apriani & Wangid. (2015). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Digital dalam Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Prosedur. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(2), 533–558. https://doi.org/10.26811/didaktika.v8i2.1280
Aziz & Yasin, P.-A. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1660–1668. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.630
Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. (2018). Pengembangan Higher Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Matematika Di Smp. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.31970/gurutua.v1i1.9
Budiarti & Haryanto. (2016). Pengembangan Modul Statistika Deskriptif Berbasis Penalaran Statistik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2725–2734. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1688
Daryanto. (2018). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah.Yogyakarta. Gava Media.
Ennis. (2019). Pengembangan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) di sekolah Dasar. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 197–202.
Nurzannati, C., & Mukhlis, M. (2022). Higher Order Thinking Skills pada Soal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa. Jurnal Sastra Indonesia, 11(3), 245–253. https://doi.org/10.15294/jsi.v11i3.59592
Purwanto. (2017). Analisis Keefektifan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 7(2), 355–362. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v7i2.4553
Sardiman. (2017). Penggunaan Bahan Ajar Matakuliah Pembelajaran Saintifik Berdasarkan Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i4.1529
Silva, A. B. Da, Bispo, A. C. K. de A., Rodriguez, D. G., & Vasquez, F. I. F. (2018). Problem-based learning: A proposal for structuring PBL and its implications for learning among students in an undergraduate management degree program. Revista de Gestao, 25(2), 160–177. https://doi.org/10.1108/REGE-03-2018-030
Sumarni, W., Wardani, S., Sudarmin, S., & Gupitasari, D. N. (2016). Project based learning (PBL) to improve psychomotoric skills: A classroom action research. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 157–163. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.4402
Suparno. (2024). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. International Journal of Contemporary Studies in Education (IJ-CSE), 3(2), 94–106. https://doi.org/10.56855/ijcse.v2i2.780
Susanti, D., Prasetyo, Z. K., & Retnawati, H. (2020). Analysis of elementary school teachers’ perspectives on stem implementation. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 40–50. https://doi.org/10.21831/jpe.v8i1.31262
Susiaty, U. D., & Oktaviana, D. (2019). Analisis Kebutuhan Instrumen Tes Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom Untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills Siswa. Proceedings of the 1st ICOLED–IKIP-PGRI Pontianak, 171–178. https://doi.org/10.25273/jipm.v9i1.5638
Tomlinson, C. A. (2017). How to Differentiate Instruction in Academically Diverse Classrooms, 3rd Edition. Alexandria: ASCD. High Leverage Practices and Students with Extensive Support Needs, 9(9), 157-154. https://doi.org/10.4324/9781003175735-15
Wijayanti, W. (2020). The role of the community in the implementation of one roof school. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/jpe.v8i1.30134